Hiburan Editor : Tomi sudjatmiko Rabu, 05 Oktober 2016 / 18:44 WIB

Karnaval Selendang Sutera #4 di Malioboro

YOGYA (KRjogja.com) - Ribuan pelaku seni budaya bakal memperlihatkan kebolehannya di sepanjang Jalan Malioboro, Kamis (06/09/2016) sore. Dari halaman parkir Abu Bakar Ali, mereka berpawai menuju depan Istana Kepresidenan Gedung Agung untuk menyemarakkan 'Karnaval Selendang Sutera' 2016. Kegiatan budaya tahunan ini digelar oleh Dinas Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). 

Menurut Kepala Seksi Seni Tradisi Kerakyatan Dinas Kebudayaan DIY  Drs Danang Sujarwo Karnaval Selendang Sutera 2016 memasuki putaran ke-4 sejak tahun 2013. Peserta terdiri dari Ikatan Keluarga Pelajar dan Mahasiswa Daerah (IKPMD) yang ada di DIY, dan kelompok seni budaya masyarakat hasil binaan Dinas Kebudayaan DIY. Tahun ini, Karnaval Selendang Sutera mengusung tema  'Memperkuat Persatuan dan Kesatuan Bangsa dalam Perpektif Keberagaman Budaya'.

"Tema ini sebagai bentuk dukungan terhadap pemerintah dalam melaksanakan pembangunan di segala bidang. Tujuan pokok kegiatan adalah mempererat persatuan dan kesatuan para pelajar dan mahasiswa di Yogyakarta dan seluruh elemen masyarakat di DIY. Keberagaman itu, ibarat mozaik yang terpadu dan membentuk suatu gambaran yang justru menjadi penanda keIndonesiaan, tanpa menghilangkan ciri khas masing-masing suku bangsannya," urai Danang, Rabu (05/09/2016). (Aya)