Pendidikan Editor : Danar Widiyanto Senin, 30 Januari 2017 / 15:10 WIB

Mau Kuliah di India, Datang ke IIEF di UAD

YOGYA (KRjogja.com) - Tak kurang 14 perguruan tinggi dari India mengirim perwakilannya untuk ikut serta dalam Incredible India Education Fair (IIEF) yang dilangsungkan selama dua hari 30-31 Januari 2017 di kampus 1 Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta. Berbagai universitas terkemuka di India membuka kesempatan bagi pelajar Indonesia untuk melanjutkan jenjang pendidikan ke negeri Bollywood tersebut.

Ravi Makhija penyelenggara IIEF kepada KRjogja.com Senin (30/1/2017) mengungkapkan kegiatan ini baru kali pertama diadakan di Yogyakarta setelah sebelumnya hanya singgah di Jakarta. Menurut dia, adanya predikat Yogyakarta sebagai Kota Pelajar dengan banyaknya pemuda potensial membuat pihaknya melemparkan sauh ke Yogyakarta di awal 2017 ini.

"Kami ingin menampilkan India yang sebenarnya, bukan yang kita lihat kotor atau banyak tindak kriminal. Kami ingin perlihatkan bahwa perguruan tinggi di India  cukup banyak dengan kualitas yang sangat bersaing dibandingkan negara maju," terangnya.

Satu hal lain yang juga diandalkan pihak India yakni menurut Ravi yakni biaya hidup yang cukup terjangkau dan tidak jauh berbeda dari Indonesia antara Rp 1,5 hingga 2 juta perbulan. "Kami punya sistem pendidikan dengan standar internasional dan biaya yang terbilang terjangkau sekitar Rp 20 juta pertahun," lanjutnya.

Sementara Ida Puspita, Kepala Kantor Internasional UAD menambahkan pelajar Yogyakarta bisa langsung menuju kampus 1 UAD di Jalan Kapas untuk mendengar penjelasan dari perwakilan 14 universitas yang ikut serta dalam IIEF kali ini. "Sampai besok Selasa (31/1/2017) mulai jam 13.00 hingga 19.00 WIB akan banyak presentasi menarik dari masing-masing universitas, yang tertarik bisa langsung datang ke lantai 3," ungkapnya.

Berbagai bidang studi pun ditawarkan mulai dari kedokteran, travel and tourism, keperawatan, farmasi hingga, teknologi informasi. Selain program studi baru, pihak India juga melakukan kerjasama pertukaran mahasiswa dan penelitian bersama seperti yang telah dilakukan oleh UAD dengan dua perguruan tinggi di India.

Kedepan diharapkan kerjasama tersebut bisa terus berlanjut dengan adanya Education Fair perguruan tinggi Indonesia di India. "Kami juga ingin menampilkan keindahan dan kualitas pendidikan di Indonesia yang mungkin belum banyak dilirik," pungkas Ida. (Fxh)