Longsor Timbun Jalan di Bagelen

Warga Durensari membersihkan longsoran yang menimbun jalan. (Foto: Jarot S)

PURWOREJO, KRJOGJA.com - Sejumlah titik jalan kabupaten di Kecamatan Bagelen dan Bener Kabupaten Purworejo tertimbun tanah longsor. Beberapa lokasi bahkan terancam amblas masuk ke dalam jurang setelah tebing di bawah jalan longsor. Kondisi tersebut mengganggu akses warga sejumlah desa.

Tanah longsor terjadi setelah hujan lebat mengguyur Kabupaten Purworejo pada Sabtu (18/3) siang hingga malam. Longsor terpantau di Desa Sokoagung, Semono dan Durensari di Kecamatan Bagelen, serta Pekacangan Kecamatan Bener. "Longsoran di jalan wilayah Durensari ada dua titik, salah satunya rumpun bambu yang menimbun ruas," ujar Pujiyanto (54), warga setempat, menjawab pertanyaan KRjogja.com, Senin (20/3/2017).

Menurutnya, jalan tertutup total karena timbunan material. Mengetahui aksesnya terhambat, warga melakukan kerja bakti dengan peralatan seadanya. Akses pun mulai bisa dilalui pada Minggu (19/3/2017) sore.

Meski demikian jalan tersebut tetap tidak bisa dilalui kendaraan roda empat dan enam. Sejumlah titik longsor tidak mungkin dilewati mobil karena sebagian aspal jalan ambles terseret longsor. "Mobil Durensari harus memutar lewat Kokap Kulonprogo, sebab mau lewat Hargorojo juga tidak bisa karena sebagian jalan ambles," tuturnya.

Sementara itu, pengurus Paguyuban Warga Bagelen (PWB) Sarwono mengatakan, akses jalan di Dusun Ketitan Sokoagung yang ambles tidak dapat dilalui kendaraan roda empat. Padahal jalan itu merupakan penghubung Hargorojo dengan Durensari. "Kejadian memang beberapa minggu lalu, namun sampai sekarang belum teratasi," ucapnya.(Jas)

 

Tulis Komentar Anda