Ragam Editor : Danar Widiyanto Jumat, 05 Oktober 2018 / 16:10 WIB

Sutopo, Meski Menderita Sakit Bisa Jadi Inspirasi

SETELAH penantian panjang, keinginan Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho bertemu Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) terwujud. 

Bertempat di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Jumat (5/10/2018), Sutopo dan Jokowi bertemu. Di sana, Jokowi blak-blakan mengapresiasi kinerja Sutopo dalam menginformasikan bencana kepada media dan masyarakat. Apalagi kerja keras Sutopo itu dilakukan saat sakit kanker paru stadium 4B.

Artikel Terkait : Mahasiswa Polbangtan Dampingi Masyarakat Manfaatkan Lahan Tidur

"Saya menghargai dedikasi Pak Sutopo dalam menginformasikan bencana yang ada. Dan, saya tadi juga baru tahu mengenai kondisi beliau. Itu sebuah dedikasi terhadap pekerjaan yang luar biasa," kata Jokowi di samping Sutopo.

Bahkan, Jokowi juga mengucapkan kekagumannya terhadap semangat Sutopo yang tetap bekerja walau sedang sakit kanker paru. Ketika Sutopo tak henti berbagi informasi terkini soal bencana yang terjadi di Indonesia. 

"Ini sangat menginspirasi kita semua dalam kondisi beliau yang sedang sakit, tetap masih mendedikasikan semangatnya untuk pekerjaan yang digelutinya sekian tahun ini," kata Jokowi.

Keinginan telah terwujud, wajah semringah Sutopo terlihat jelas saat berada di samping Jokowi. Baginya, pertemuan dengan Jokowi adalah suatu kenikmatan luar biasa.

"Ini suatu nikmat yang begitu luar biasa, saya bisa berjumpa dengan Bapak Presiden, bisa bersalaman dengan Bapak Presiden," tutur Sutopo sambil tersenyum bahagia.(*)