Jateng Editor : Ivan Aditya Jumat, 12 Oktober 2018 / 21:23 WIB

Kebakaran Kawasan Hutan Merbabu Berhasil Dipadamkan

BOYOLALI, KRJOGJA.com - Kebakaran terjadi di lereng Gunung Merbabu, tepatnya di kawasan hutan di atas Desa Ngagrong, Kecamatan Ampel, Jumat (12/10/2018) siang. Namun berkat upaya pemadaman yang dilakukan, kebakaran berhasil diatasi.

Dari informasi yang berhasil dihimpun, Jumat (12/10/2018) petang, kebakaran terdeteksi pada Jumat sekitar pukul sebelas siang. Upaya pemadaman masih dilakukan oleh puluhan petugas, terdiri dari personel Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (BTNGMb) kepolisian dan TNI, serta relawan dengan membuat parit untuk menyekat kobaran api yang sudah membakar sekitar dua hektare kawasan hutan.

Hembusan angin yang kencang sempat membuat kesulitan upaya pemadaman. Pada Jumat sore, kobaran api berhasil dipadamkan. Kepala BTNGMb, Edy Sutiyarto Jumat petang menjelaskan, dugaan awal, kebakaran disebabkan oleh masyarakat yang membakar semak belukar di dekat kawasan hutan. Karena angin yang kencang, api lalu merembet dan membakar kawasan hutan.

Sekitar pukul tiga sore, kobaran api berhasil dikendalikan dan dipadamkan. Namun sampai aaat ini pihaknya tetap melakukan pengawasan untuk memastikan sudah tak ada kobaran api. "Masih dilakukan monitoring barangkali belum betul-betul padam," kartanya. (Gal)