Olahraga Editor : Ivan Aditya Jumat, 09 November 2018 / 19:48 WIB

Pelatih Thailand Puji Permainan Timnas Futsal Indonesia

SLEMAN, KRJOGJA.com - Meski kalah melawan Thailand di babak semifinal Piala AFF 2018, namun secara kasat mata permainan Indonesia dinilai mengalami peningkatan signifikan. Itulah yang sempat disampaikan pelatih Thailand, Jose Maria Pazos Mendez saat sesi konferensi pers usai laga.

Pernyataan singkat yang menyatakan peningkatan kualitas permainan sepertinya tak salah disampaikan Mendez. Indonesia berhasil memaksa Thailand ke babak ekstra time meski kemudian sebiji gol menyudahi perjuangan berat Indonesia.

Artikel Terkait : Menikmati Hidangan Mewah tapi Murah di Sumo Sushi

Secara strategi dan kekuatan, timnas juga terlihat lebih baik. Tentu terlepas dari bermain di hadapan publik sendiri dan mendapat dukungan luar biasa fans, timnas mampu memperagakan permainan apik.

Racikan strategi Kensuke sedikit banyak mampu mengubah karakter Indonesia yang selama ini dimiliki. Gol-gol terjadi bukan karena kesalahan strategi namun eror individual yang didapatkan karena kurangnya pengalaman bertanding di level internasional para pemain.

Kensuke sendiri sempat mengungkap bahwa kekalahan melawan Thailand lebih bersumber pada kurangnya pengalaman para pemain dalam menghadapi pertandingan tensi tinggi. Penerapan taktik dan strategi dalam latihan dan pengaplikasian dalam situasi pertandingan menurut dia hanya bisa diasah melalui pengalaman pemain.

“Ini hal yang kita perlu perbaiki dan memang membutuhkan waktu untuk lebih solid. Ada hal-hal detail dalam pertandingan yang harus kita benahi dan harus dilanjutkan, tidak bisa dengan TC 2 bulan saja namun harus terus. Tapi apa yang kita latihkan selama ini bisa menjadi bekal,” ungkapnya.

Masuk di empat besar Piala AFF 2018 ini membawa tiket Piala AFC 2019 untuk Indonesia. Tampaknya pondasi yang dibangun Kensuke layak dipertahankan untuk target kedepan di mana Indonesia wajib menempati empat besar Piala AFC untuk lolos ke Piala Dunia Futsal 2020 mendatang. (Fxh)