Peristiwa Editor : Ivan Aditya Jumat, 09 November 2018 / 18:51 WIB

Presiden Korsel Pecat Menteri Keuangan

KORSEL, KRJOGJA.com - Presiden Korea Selatan, Moon jae-in, memecat Menteri Keuangan Kim Dong-yeon dan penasihat ekonominya, Kepala Staf Presiden untuk Kebijakan, Jang Ha-sung. Pemecatan ini dilakukan saat Korsel, negara dengan ekonomi terbesar ke-11 di dunia, tengah mengalami perlambatan pertumbuhan ekonomi dan peningkatan jumlah pengangguran.

Juru bicara Istana Kepresidenan Korsel, Yoon Young-chan, mengumumkan pemecataan itu dalam sebuah pernyataan yang disiarkan televisi. Sebelum dipecat, Kim dan Jang dilaporkan sempat berselisih mengenai solusi mengatasi pertumbuhan ekonomi yang terus melambat.

Meski popularitas Moon terus menanjak menyusul perannya meredam ketegangan dengan Korea Utara, presiden ke-12 Korsel itu menghadapi kritik di dalam negeri lantaran kebijakan ekonominya yang dinilai kontroversial.

Moon secara signifikan menaikkan upah minimum Korsel, memotong standar jam kerja, dan menetapkan kebijakan mengangkat pegawai sementara perusahaan menjadi permanen. Kebijakan yang dinilainya mampu mengarah pada "pertumbuhan yang menghasilkan pendapatan" itu bertolak belakang dengan kebijakan ekonomi Nigeri Ginseng selama ini, yang bertumpu pada ekspor dan investasi perusahaan besar. (*)