DIY Editor : Danar Widiyanto Rabu, 14 November 2018 / 20:30 WIB

Mulai 1 April 2019, Bandara Adisutjipto Cabut Penerbangan Internasional  

YOGYA, KRJOGJA.com - Terhitung 1 April 2019, PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Adisutjipto Yogyakarta akan mencabut rute internasional. Untuk selanjutnya, semua penerbangan Internasional akan dialihkan ke New Yogyakarta International Airport (NIYA) di Kulonprogo.

Karena sudah tidak ada penerbangan internasional, maka sejumlah pelayanan yang berkaitan juga akan ditiadakan. Seperti pengecekan imigrasi dan bea cukai yang saat ini semuanya ada di Terminal B.

"Semua pemerbangan internasional akan dicabut. Tanpa terkecuali. Jadi di Bandara Adisutjipto Yogyakarta hanya untuk domestik saja," ujar General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Adisutjipto Yogyakarta Agus Pandu Purnama dalam Tenant Gathering yang berlangsung di Hotel Tentrem, Rabu (14/11/2018).

Selama ini hanya ada empat penerbangan internasional yang dilayani di Bandara Adisutjipto Yogyakarta. Itupun hanya ke Singapura dan Malaysia, karena ada keterbatasan runway. Rute internasional yang akan dicabut, dapat dimanfaatkan maslkapai untuk tujuan domestik.

"Sudah ada beberapa yang komunikasi dengan kami. Dengan harapan bisa mendapatkan slot di Bandara Adisutjipto dan bandara baru. Kemungkinan ada sekitar 20-30 persen yang dapat share," urainya.(Awh)