23 Maret, CongWayNdut Kolabarasi dengan Wayang Hip Hop

BANTUL, KRJOGJA.com – Kolaborasi Kocak,  antara Keroncong Wayang Gendut (Congwayndut) dari Surakarta dengan dalang gendut Dalang Berijazah serta Wayang Hip Hop Yogyakarta dalang Ki Catur “Benyek” Kuncara akan berkolaborasi Sabtu (23/3/2018). Acara yang digagas Paguyuban Dalang Muda Sukrakasih ini akan berlangsung di Tembi Rumah Budaya, Bantul.

Berbeda dengan pementasan wayang biasa, pementasan wayang ini disampaikan dengan pergelaran karya kontemporer yang kocak. “Memperingati ulang tahun yang ke-7, Paguyuban Dalang Muda Sukrakasih menggelar karya kontemporer Kolaborasi Kocak, Congwayndut dengan Wayang Hip Hop Yogyakarta,” tutur Ki Sumanto sebagai ketua paguyuban. 

Paguyuban Dalang Muda Sukrakasih sendiri merupakan paguyuban dalang yang telah didirikan sejak 11 Maret 2011 lalu dan beranggotakan para dalang muda baik penggiat maupun pecinta pedalangan yang mencakup 4 kabupaten dan kota di Daerah Istimewa Yogyakarta. 

“Kolaborasi ini diharapkan dapat membuka wawasan bahwa wayang tak terbatas dan wayang tak hanya selebar daun kelor saja,” tambah Ki Sumanto. 

Kegiatan yang dilaksanakan oleh paguyuban ini bersifat terbuka dan meliputi komunikasi budaya, diskusi dan apresiasi seni, pementasan, hingga penelitian mengenai perdalangan di Yogyakarta.

“Paguyuban ini berdiri dengan keyakinan kuat bahwa kerukunan adalah modal yang paling berharga dalam sebuah proses berkesenian,” jelas Ki Sumanto tentang berdirinya Paguyuban Dalang Muda Sukrakasih. (Rahina Dyah Adani)

BERITA REKOMENDASI