Badan Otorita Borobudur Adakan Lomba Desain Logo Berhadiah Puluhan Juta Rupiah

YOGYA, KRJOGJA.com – Badan Pelaksana Otorita Borobudur (BOB) menggelar lomba desain logo dengan hadiah total lebih dari Rp 37.000.000. Satuan Kerja di bawah koordinasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ini memilih metode sayembara untuk mendapatkan desain terbaik sekaligus mendekatkan diri kepada publik.

“Sayembara ini digelar karena kami ingin mendekatkan diri kepada public, agar masyarakat mengetahui tugas dan fungsi BOB sehingga bisa bersinergi membangun wilayah,” kata Direktur Utama Badan Otorita Borobudur Indah Juanita, Selasa (18/8).

Selama ini, masih banyak masyarakat yang belum mengenal BOB, sering kali menganggap BOB sebagai institusi yang mengelola kawasan wisata Candi Borobudur. Padahal tugas dan fungsi BOB salah satunya adalah mengembangkan kawasan otoritatif yang terletak di Bukit Menoreh Kabupaten Purworejo, dan mengkoordinasikan pengembangan kawasan wisata yang wilayahnya mencakup tiga DPN yaitu Yogyakarta – Borobudur dan sekitarnya, Solo – Sangiran dan sekitarnya, serta Semarang – Karimun Jawa dan sekitarnya.

Indah mengatakan lomba desain logo terbuka untuk umum, segala usia dan jenjang pendidikan, serta berwarga Negara Indonesia yang telah memiliki nomor induk kependudukan. Peserta juga wajib follow terlebih dahulu akun instagram @boborobudur. Adapun lomba logo ini tertutup untuk seluruh pegawai BOB.

Pemenang lomba akan mendapatkan hadiah uang pembinaan sebesar Rp 25 juta (Juara I), Rp 7,5 juta (Juara II), Rp 5 juta (Juara III). Ketiga pemenang akan diberikan piagam dan kenang-kenangan. Selain pemenang, akan dipilih tujuh unggulan yang akan mendapatkan piagam dan cinderamata.

Ada beberapa syarat dan ketentuan lomba . Pertama, ide yang diajukan merupakan ide dan gagasan yang orisinal, tidak boleh melanggar hak kekayaan intelektual pihak ketiga. Kedua, desain logo yang disubmit eksklusif untuk kompetisi ini. Apabila ada desain yang sama disubmit pada kompetisi sejenis, peserta akan didiskualifikasi.

Ketiga, peserta boleh mengirimkan maksimal dua karya yang berbeda dalam kompetisi ini. (Format File berupa JPG dan PDF maksimal size 3 MB). Materi yang diikusertakan harus diserahkan hanya oleh perorangan sehingga wajib menuliskan NIK saat submit karya. Materi atas nama tim, sebuah kelompok, atau agensi bakal langsung didiskualifikasi.

Semua syarat dan ketentuan lomba bisa disimak lebih detail melalui laman www.lombalogobob.com. Website tersebut sekaligus menjadi kanal tunggal untuk pengiriman karya bagi peserta lomba.

“Penerimaan karya sudah kami buka tepat pada 17 Agustus, sekaligus memperingati HUT 75 Kemerdekaan Republik Indonesia. Lomba ditutup 6 September mendatang,” kata Direktur Pemasaran Wisata BOB, Agus Rochiyardi.

Agus berharap para desainer nasional bisa mengirimkan karya terbaik mereka sehingga didapatkan logo karya anak bangsa yang nantinya menjadi bagian dari identitas kelembagaan BOB. (*)

BERITA REKOMENDASI