Minggu 3 September Kirab Budaya Mataram di Pleret

BANTUL, KRJOGJA.com -Sebanyak 3500 partisipan mengikuti kirab Budaya Mataram Pleret di lapangan Sultan Agung, Pleret, Bantul pada Minggu (3/9). Kirab ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan Gelar Budaya Mataram V yang digelar oleh Yayasan Warisan Budaya Mataram Pleret (YWBMP).

Agenda tahunan ini dimaksudkan untuk memberikan edukasi melalui napak tilas kejayaan Mataram Islam di bawah kekuasaan Sultan Agung Hanyokrokusuma yang terdapat di Kecamatan Pleret. Seluruh partisipan khususnya para pelajar diajak untuk napak tilas melalui trip edukasi ke 5 situs
bersejarah seperti Gunung Kelir, Masjid Kauman, Situs Kerta, Museum Pleret, dan Alun-alun Pleret.

“Sebagai bentuk pertanggungjawaban moral khususnya generasi muda sebagai pewaris budaya
lokal kami ingin memperkenalkan kepada partisipan sekaligus mengajak untuk menjaga, mempelajari serta turut melestarikan situs dan warisan peninggalan budaya masa lalu khususnya masa kejayaan pemerintahan kerajaan Mataram Islam dalam hal tata laku, tata wicara, tata busana, tata boga, dan tata wewangunan,” jelas pembina YWBMP Slamet Santoso.

Dalam trip edukasi tersebut peserta dapat melihat temuan batuan umpak seperti di Masjid
Kauman, Situs Kerta, dan Museum Pleret. Sedangkan di Gunung Kelir terdapat komplek pemakaman Ratu Malang dan suaminya Ki Dalang Panjangmas.

Spirit dari napak tilas tersebut lahir dari perjuangan Sultan Agung melawan VOC di Batavia yang
dikenal dengan ekspedisi Kaladuta. Inisiator ekpedisi Kaladuta yang dilakukan oleh Sultan Agung dalam penyerangannya dari Pleret ke Batavia adalah Jaya di Kusuma, pendiri Sekolah Tanah Tinggi di Tangerang.

Dirinya melakukan napak tilas menggunakan sepeda menyusuri rute serupa yang dimulai pada tanggal 12 Agustus dari Pleret dan sampai Batavia pada tanggal 17 Agustus 2017.Selain kirab budaya dan trip edukasi dalam acara puncak Gelar Budaya Mataram Pleret V ini juga digelar bazar kuliner khas mataraman, pentas kesenian tradisional, dan pagelaran wayang kulit.

Sebelumnya pada Jumat (29/8) telah berlangsung juga kegiatan ziarah ke makam Raja-raja Mataram di Kota Gede, Wotgaleh,Imogiri, Gunung Kelir (Ki Dalang Panjangmas). pementasan jathilan, dan malam tirakatan (dzikir, tahlil, dan mocopatan) akan digelar pada hari sabtu (2/9). (*)

 

BERITA REKOMENDASI