Sketsa Bersama dan Festival Durian 2018

ACARA ‘Toegoe Jogja Festival’ (TJF) memasuki awal tahun 2018. Program Car Free Day (CFD) ini tetap digelar di Jalan Margo Utomo (P Mangkubumi) Yogyakarta, Minggu (7/1) mulai pukul 06.00-10.00 WIB. 

Ada dua tema besar yang akan berlangsung di TJF kali ini, yakni ‘101 Travel Sketch’ dan ‘Festival Durian 2018’. Selebihnya tetap ada senam dan pentas seni. Acara ini didukung sepenuhnya oleh Kedaulatan Rakyat Grup dan Pemkot DIY.

Menurut General Manager Hotel 1O1 Yogyakarta, Wahyu Wikan Trispratiwi, ‘1O1 Travel Sketch’ didedikasikan untuk mereka yang suka bepergian dan membuat sketsa. Termasuk beberapa
komunitas yang memiliki ketertarikan untuk melestarikan dan mempromosikan budaya serta warisan setempat melalui sketsa. 

Ini, kata Wahyu Wikan adalah ‘rumah’ bagi mereka yang tidak hanya haus dalam menciptakan seni tapi juga untuk memahami dan mendalami budaya dan warisan lokal.

"Kata 1O1 itu sendiri berarti trip dan panduan, makanya kami berharap dapat memberi dampak untuk mengenalkan dunia baru tersebut kepada masyarakat maupun generasi berikutnya. Di acara ini, ada beberapa spot yang akan kami sket dengan titik sentral ada di Tugu,” kata Wikan, Senin (1/1).

Sedang ‘Festival Durian 2018’ yang akan menempati sisi selatan area TJF akan diselenggarakan beberapa segmen. Sebelumnya, Sabtu (6/1) akan digelar Lomba Durian, lomba ini dapat diikuti perorangan maupun kelompok tani. Pendaftaran dipatok Rp 250 ribu/3 buah yang dikumpulkan, Sabtu sekaligus akan digelar sarasehan, mulai pukul 13.00-17.00 di Aula KR Jalan Margo Utomo.

”Buah durian ini nantinya jadi milik panitia dan khusus untuk petani pembayaran bisa dibarter dengan buah durian. Untuk peserta panitia memberi fasilitas kaos, sertifikat, dan
stan jualan durian saat TJF,” terang Taufik Ridwan dari Dini Advertising, penggagas ‘Festival Durian 2018’.

Taufik menambahkan, ada pula ‘Festival Makan Durian’ dengan pendaftaran Rp 100 ribu sebelum Jumat (5/1) dan Rp 125 ribu untuk pendaftaran di tempat. Peserta boleh makan durian 2 buah untuk 1 orang dengan catatan tidak boleh dibawa pulang. (*)

BERITA REKOMENDASI