Bangkitkan Desa Wisata, Satgas Covid-19 Perlu Terlibat Proaktif

DESA Wisata merupakan aset luar biasa yang dimiliki Indonesia dan telah menjadi andalan dalam mengangkat taraf hidup dan perekonomian masyarakat di tataran tingkat bawah.

Di masa pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung setahun ini, cukup banyak Desa Wisata yang terpuruk. Tapi belakangan ini sudah ada yang mulai bangkit kembali setelah pemerintah membuka sedikit kelonggaran kebijakan terhadap kantong-kantong wisata, dengan catatan melaksanakan ‘protokol kesehatan’ (Prokes).

Menurut pandangan Pemerhati Pariwisata yang juga Direktur Eksekutif Matapena Institute, Suraji MSi PhD, desa wisata harus dibangkitkan dengan upaya dan strategi yang baik dan profesional dengan melibatkan stakeholder atau berbagai pihak terkait, termasuk Satgas Covid-19 dari level atas hingga bawah.

“Satgas Covid-19 perlu terlibat dan proaktif dalam melakukan pembinaan dan pengawasan di desa-desa wisata. Jangan sampai wisatanya bangkit tapi tercipta klaster baru desa wisata terpapar Covid-19,” kata Suraji MSi PhD kepada KRJogja.com, Rabu (7/4/2021).

BERITA REKOMENDASI