Diplomat Success Challenge, Satu Dekade Lebih Membangun Ekosistem Wirausaha

PENYELENGGARAAN Diplomat Success Challenge (DSC), salah satu kompetisi wirausaha terbesar di Indonesia, akan memasuki babak baru lewat gelaran DSC XI 2020.

DSC XI 2020 siap diluncurkan di tanggal 19 Agustus 2020 melalui acara kick-off yang dilaksanakan secara virtual melalui kanal YouTube resmi DSC. Pada hari yang sama, peserta bisa mengakses formulir pendaftaran dan mengirimkannya kepada panitia. Hingga saat ini peserta sudah bisa mulai mendaftar sebagai pengguna pada situs resmi DSC yaitu diplomatsukses.com.

Dengan apresiasi utama berupa hibah modal usaha senilai 2 miliar rupiah untuk pemenang, perjalanan Diplomat Success Challenge dari tahun ke tahun secara konsisten berevolusi dan disempurnakan menjadi lebih matang. Hingga kini misi besar DSC adalah membangun entrepreneur ecosystem yang solid dan bermanfaat bagi pengembangan kewirausahaan di Indonesia.

“Walaupun kita masih berada di tengah situasi merebaknya pandemi COVID-19, kami berharap upaya untuk tetap menyelenggarakan kompetisi wirausaha ini mendapat antusiasme peserta yang sama atau bahkan lebih baik dari tahun sebelumnya. Menilik perjalanan DSC selama 10 tahun ke belakang, semangat wirausaha ini secara konsisten kita hadirkan. Terlebih di tahun 2020, spirit yang sama harus terus kita bangun, karena ini jugalah yang akan cepat memulihkan perekonomian Indonesia yang sedang melemah seperti sekarang,” ujar penyelenggara DSC XI 2020, Edric Chandra dalam pernyataan resminya.

Konsep Kompetisi yang Berkembang dari Tahun ke Tahun

Konsep kompetisi wirausaha yang diusung oleh DSC mengalami perkambangan yang signifikan dari tahun ke tahun. Namun, tahap awal yang harus dilewati oleh peserta sejak tahun 2010 masih sama, yaitu peserta harus mendaftarkan dirinya dan ide bisnisnya melalui situs resmi DSC. Setelah itu peserta akan disortir dan dipilih untuk dapat masuk ke tahap berikutnya.

Setelah melewati proses seleksi yang ketat, akan terpiih 20 finalis yang akan mengikuti tahap Incubation dan Market Challenge di beberapa kota di Indonesia. Pada tahap inilah kompetisi akan disiarkan ke publik dengan konsep reality show dengan peranan dewan komisioner sebagai juri atau penilai.

Di tahun pertamanya tahun 2010 hingga tahun 2017, penyelenggaraan DSC sempat ditayangkan di beberapa saluran TV swasta. Namun, seiring dengan perkembang teknologi dan basis komunikasi secara digital, sejak tahun 2018 DSC mulai ditayangkan secara eksklusif melalui kanal YouTube resmi diplomatsukses.

BERITA REKOMENDASI