5 Jenis Outer Wanita, Yuk Cari Tahu dan Segera Lengkapi Koleksinya!

Editor: Ary B Prass

 

SEBAGAI fashion item, selalu saja muncul model pakaian terbaru setiap waktunya. Tapi salah satu timeless fashion yang harus dimiliki para wanita adalah outwear atau lebih dikenal dengan outer. Bahasa mudahnya, outer merupakan pakaian luaran yang bisa dipakai sendiri atau dipadukan dengan inner atau dalaman.

Outer membuat styling makin mudah, bahkan jika Anda hanya mengenakan kaos atau tanktop saja, sudah bisa tampil keren. Jenis pakaian wanita satu ini bisa diandalkan untuk berbagai acara. Pilihan outer banyak sekali dan datang dari berbagai motif yang berbeda. Berikut adalah jenis outer wanita yang paling banyak diminati.

  1. Blazer

Jika dilihat sekilas, blazer mirip sekali dengan jas namun memiliki tampilan dan potongan lebih santai. Ciri khasnya adalah bagian depannya terbuka, seringkali memperlihatkan inner yang dikenakan. Namun ada beberapa jenis yang memiliki kancing. Jenis bahan yang digunakan juga lebih lentur dibandingkan dengan jas. Pun juga warnanya, lebih bervariasi.

Blazer sendiri bisa dipadukan dengan pakaian formal seperti kemeja, bisa pula dengan jenis yang lebih santai seperti kaos. Tergantung dengan acara yang akan dihadiri, bisa formal, semi formal, dan santai. Panjangnya beragam, ada yang pendek, menengah, dan bisa sampai menyentuh mata kaki.

  1. Kardigan

Kardigan juga menjadi outer favorit banyak wanita. Selain bisa sedikit menghangatkan tubuh, membuat gaya tidak monoton. Bentuknya santai dengan kain-kain yang kebanyakan flowy. Sehingga memberikan kesan feminim kepada penggunanya. Kardigan bisa digunakan untuk outfit ke kantor atau kampus. Tinggal lakukan mix and match yang tepat supaya tampilan bisa pas.

Jenis kardigan sendiri juga beragam, ada klasik, oversized, wrap, dan long cardigan. Anda harus cerdas dalam memadukannya, supaya bentuknya pas dan tidak membuat tubuh jadi terlihat lebih berisi.

Misalnya saja jika mengenakan oversized cardigan, padukan dengan skinny jeans atau legging yang ketat. Itu akan membuat tubuh tetap terlihat ramping. Jangan memadukannya dengan baggy jeans yang membuat bagian panggul ke bawah jadi terlihat besar dan lebar.

  1. Jaket

Jaket merupakan outer yang diandalkan untuk menghindari tubuh dari suhu dingin. Bisa juga digunakan saat sunmori, mendaki gunung, atau keluar di malam hari. Biasanya dibuat dari berbagai bahan yang kaku, tebal dan hangat. Bahan pembuatnya sangat beragam, mulai dari kulit (asli dan sintetis), denim, fleece, parka, parasut, drill, dan lainnya.

Selain jadi alat penghangat tubuh, jaket juga menjadi fashion item yang mudah dipadu padankan. Anda bisa tampil feminim, edgy look, gahar, boyish, sampai dengan santai. Tergantung bagaimana padu padan yang dikenakan. Misalnya saja jika ingin tampil  feminim, Anda bisa memadukan jaket denim dengan floral dress, baik itu mini dress, midi dress, atau long dress.

BERITA REKOMENDASI