Bai Populo Hadir Kembali dengan ‘Summer’

Editor: Ivan Aditya

SLEMAN, KRJOGJA.com – Desainer internasional Bai Soemarlono menggelar peragaan busana pertamanya setelah hampir tiga tahun vakum, Jumat (18/06/2021). Perancang busana yang kondang dengan nama Bai Populo ini dalam comebacknya mengusung tema ‘summer’. Menggandeng desainer Kelly Tandiono, keduanya memamerkan hampir 80 koleksi dalam perhelatan yang digelar di Suwatu by Mil&Bay tersebut.

‘Summer’ alias musim panas selalu menghadirkan kebahagiaan bagi Bai Populo, karena di dalamnya pastinya ada liburan maupun saat-saat menyenangkan memanjakan diri. Demikian juga dengan busana-busana ditampilkannya yang menonjolkan nuansa santai, casual namun tetap tak meninggalkan kesan elegan.

“Konsepnya ‘summer’. Musim panas, liburan, santai tapi bisa dipakai apa saja. Kualitas bagus, casual, bisa dipakai acara setengah resmi tapi bisa juga untuk santai,” kata Bai Populo ditemui usai memamerkan karya-karya terbaiknya.

Dengan label Ohmm by Bai, desainer yang namanya besar di Jerman ini menghadirkan warna-warna cerah seperti putih maupun abu-abu hingga sesekali menyuguhkan cokelat muda. Memadukan dengan kain yang soft terbuat dari katun membuat busana ‘summer’ tak terasa gerah dipakai meski tengah musim panas.

Dalam kembalinya Bai Popilo ini, pria asli Candisari Kalasan Sleman tersebut tetap menyuguhkan tampilan milenial dalam tiap karyanya. Idealismenya dalam menciptakan karya dapat terlihat jelas dari detail-detail busana maupun perpaduan motif yang sengaja ia mainkan.

“Semuanya adalah slow fashion, bukan fast fashion. Jadi memang lebih mengutamakan kualitas dan ketelitian dalam mengerjakannya, tidak mengejar cepatnya namun melupakan hasil akhirnya,” kata Bai Populo.

Bai Populo mengaku seluruh karya yang dibuat, bahan dasarnya merupakan hasil produksi dari UMKM di tanah air. Ia berkeinginan rancangan-rancangannya dapat turut dirasakan oleh seluruh masyarakat, tak hanya bagi penikmat fashion semata melainkan juga para pelaku UMKM.

“Semuanya bahan dari UMKM Indonesia. Produk saya setelah pandemi lebih memikirkan yang ramah lingkungan atau membantu rumah-rumah industri. Bahannya juga ramah lingkungan, jadi bisa diurai lagi,” tambahnya.

Bai Populo yang dikenal dikalangan para desainer dengan karya-karya batiknya itu kini membuka galeri di Suwatu by Mil&Bay. Kesuksesan ini akan berlanjut dengan memajang baju-baju rancanganya di galeri ‘Omah Budoyo’ yang terletak di kampung wisata Prawirotaman Yogyakarta awal Juli mendatang.

Ia berharap dengan ini karya Ohmm by Bai bakal lebih dikenal. Bai Populo juga mengajak para pecinta fashion untuk dapat lebih menghargai karya-karya desainer bukan dilihat harganya, melainkan dari proses panjang pengerjaannya sehingga dapat tercipta suatu busana yang memiliki nilai seni tinggi. (*)

BERITA REKOMENDASI