Bangkit dari Pandemi ‘Jogja Fashion Week’ Kembali Digelar

Editor: Ary B Prass

SLEMAN, KRJOGJA.com –  Ajang fashion bergengsi tingkat nasional, Jogja Fashion Week (JFW) akan kembali digelar pada tahun 2022 ini. Perhelatan JFW digelar sebagai upaya bangkit dari pandemi, khususnya dunia fashion dan industri kecil menengah (IKM) di DIY.

Plt Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan DIY, Yuna Pancawati mengatakan, JFW tahun ini menjadi penyelenggaraan yang ke-16 setelah sempat vakum satu kali pada 2020 akibat Covid-19.

“Ini merupakan awal kebangkitan lagi, IKM fashion yang ada di DIY khususnya. Walaupun Jogja Fashion Week ini juga sudah ditunggu-tunggu. Tidak hanya di Jogja tapi juga setingkat dengan nasional,” ungkap Yuna usai Launching JFW di Sleman City Hall, Minggu (12/6/2022).

Launching kali ini menjadi bagian dari rangkaian kegiatan Jogja Fashion Week 2022. JWF Trend Fashion 2022 ‘Panca Kartika’ akan digelar di Kamala Ballroom Sleman City Hall pada 19-21 Agustus mendatang.

Kemudian JFW Karya Wastra Bhinneka ‘Bangkitkan IKM Fashion’ akan digelar 26-30 Agustus di Jogja Expo Center. Sementara acara Jogja Art Fashion akan digelar di Jogja National Museum (JNM) pada bulan Oktober 2022.

Menurut Yuna, event ini sangat mendukung dunia perindustrian di DIY, khususnya IKM fashion. Terlebih produk tekstil menempati peringkat ketiga sebagai komoditi ekspor dari DIY.

“Nilainya kalau peningkatan dari tahun ke tahun itu cukup signifikan. Total dari DIY ini secara keseluruhan di tahun 2022 ini sekitar $534 juta untuk komoditi ekspornya dan produk tekstil sendiri menempati peringkat yang ke tiga,” sambung dia.

BERITA REKOMENDASI