Bangladesh Fashion Week 2019, Ulos Karya Desainer RI Pukau Pengunjung

PERANCANG busana Indonesia Merdi Sihombing unjuk talenta dalam Tresemme Bangladesh Fashion Week 2019. Dalam ajang tersebut, ia menampilkan koleksi busana berbahan dasar kain ulos yang dipadupadankan dengan sentuhan modern nan elegan.

Sekitar 300 pengunjung yang memadati tempat acara digelar tidak hanya dibuat terpukau oleh koleksi busana yang dibawakan, namun juga suara merdu Merdi Sihombing dalam membawakan sejumlah tembang lagu daerah Indonesia yang mengiringi para peragawan dan peragawati saat berjalan di atas panggung memperagakan koleksi rancangannya.

"Masyarakat Bangladesh di Dhaka memiliki apresiasi yang tinggi pada kerajinan asli buatan tangan, sehingga saya yakin bahwa kain tradisional Indonesia seperti tenun dan Batik akan mendapatkan tempat di hati masyarakat Bangladesh", demikian disampaikan Duta Besar Indonesia untuk Bangladesh dan Nepal, Rina P. Soemarno dalam keterangan tertulisnya yang dikutip dari Kemlu.go.id, Minggu (3/3/2019). 

Beliau sangat mengapresiasi keikutsertaan Merdi Sihombing dalam Tresemme Bangladesh Fashion Week 2019. Menurutnya, kain tradisional Indonesia tidak hanya memiliki nilai sebagai bahan material untuk busana, namun juga membawa nilai kearifan warisan budaya yang menjadi bagian dari jati diri bangsa Indonesia.

Ini merupakan kali pertama bagi Merdi Sihombing untuk ikut dalam ajang tahunan Tresemme Bangladesh Fashion Week. Ia menerima undangan langsung dari Fashion Design Council of Bangladesh untuk memamerkan koleksi busana hasil ide kreatifnya dalam Bangladesh Fashion Week.

Mengusung kain tradisional Indonesia, Merdi Sihombing ingin lebih memperkenalkan kekayaan tekstil tradisional Indonesia kepada dunia internasional. Baginya, Indonesia memiliki kekayaan tekstil yang sangat melimpah dan mempunyai banyak potensi untuk terus dikembangkan.(*)

BERITA REKOMENDASI