Himpunan Ratna Busana Surakarta Gelar Talkshow Mengenai Batik

HIMPUNAN Ratna Busana merupakan perkumpulan ibu-ibu pecinta busana daerah. Perkumpulan ini dapat ditemui di beberapa kota besar termasuk di Surakarta, dan berpusat di Jakarta. Sebelum bulan Oktober berakhir, dalam rangka merayakan Hari Batik Nasional yang jatuh pada setiap tanggal 2 Oktober, Himpunan Ratna Busana Kota Surakarta mengadakan Talkshow mengenai Batik.

Dalam kesempatan talkshow ini, Himpunan Ratna Busana akan membahas tentang batik secara umum dan jarik secara khusus setelah melalui perkembangan zaman. Bertajuk “Mengenal Batik Menurut Zaman dan Lingkungan”, talkshow ini akan menjelaskan bagaimana sejarah batik mulai dari awal mula kehadirannya hingga saat ini.

Pada kesempatan ini, Ibu Asti Suryo Astuti sebagai Kurator dari Museum Batik Danar Hadi akan menjelaskan bagaimana Batik sebagai salah satu kekayaan budaya yang dulunya hanya dapat dikenakan oleh putra putri dalem di dalam Kraton hingga akhirnya saat ini Batik sangat akrab di tengah masyarakat. Ada beberapa faktor dan pengaruh kepemimpinan di Nusantara yang harus dilalui oleh batik hingga dapat dikenal oleh masyarakat saat ini.

Selain talkshow yang menjelaskan perkembangan Batik hingga saat ini, dalam acara ini juga ditampilkan 30 motif jarik yang merupakan koleksi dari Almarhum  Santosa Doellah yang dibawakan oleh anggota Himpunan Ratna Busana Kota Surakarta. Direncanakan, Ketua dan Wakil Ketua Tim Penggerak PKK, Ibu Selvi Ananda dan Ibu Sherlly Prakosa juga akan hadir dalam Talkshow ini.

Himpunan Ratna Busana Kota Surakarta berharap dengan adanya kegiatan ini, peserta yang hadir baik secara offline maupun online dapat semakin mengenal Batik tidak hanya sebagai kain yang saat ini sangat familiar di tengah masyarakat tetapi juga sejarah dan filosofi yang ada dibelakangnya.(Hwa)

BERITA REKOMENDASI