Ini 7 Kesalahan Memakai Lipstik, Hindari Ya!

Editor: Agus Sigit

Cara mempercantik tampilan bibir agar tidak terlihat pucat adalah dengan memakai lipstik yang tepat. Namun, sebagian orang ternyata melakukan kesalahan saat menggunakan lipstik, akibatnya membuat penampilan wajahnya jadi tampak lebih tua dari umur seharusnya, terlalu kontras, bibirnya gampang kering dan mengelupas, ataupun hal lain yang membuatnya seperti kurang cocok ketika dilihat. Kira-kira apa penyebabnya?

Banyak orang tidak menyadari kesalahan memakai lipstik selama ini, tetapi sebagian pun menyadari bahwa ada yang kurang setiap kali memoleskan riasan bibir tersebut. Maka dari itu, mari kita bahas lebih lanjut mengenai kesalahan saat memakai lipstik berikut ini yang sebaiknya dihindari.

1. Pemilihan Warna Tidak Menyesuaikan Tone Kulit

Kesalahan saat memakai lipstik pertama yang sebaiknya dihindari adalah pemilihan shade produk lipstik tidak menyesuaikan warna atau tone kulit. Contohnya, menurut Lottemart.co.id, warna lipstik natural seperti Mauve cocok untuk orang dengan kulit sawo matang.

Meskipun kedengarannya sepele dan banyak diabaikan seperti penggunaan lip balm, nyatanya hal seperti ini berpengaruh besar pada penampilan seseorang. Jika salah pilih warna produk, dapat membuat penampilan tampak lebih tua, terlalu pucat, atau mungkin malah terlihat sangat mencolok.

Sebelum membeli produk lipstik, sebaiknya lakukan riset terlebih dahulu mengenai warna yang hendak Anda pilih. Warna yang cantik dan paling populer belum tentu cocok dengan kulit Anda, maka dari itu usahakan untuk memilihnya dengan tepat. Kenali terlebih dahulu tone kulit sendiri lalu cocokkan dengan shade produk pewarna bibir.

Jika datang langsung ke toko kosmetik, memilihnya jauh lebih mudah karena tidak perlu menerka-nerka karena dapat melihat produknya secara langsung. Hal ini tentu berbeda jika membelinya melalui toko online, di mana Anda harus membaca deskripsi warnanya dengan benar lalu melakukan riset di internet terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membelinya.

2. Tidak Pakai Pelembab Bibir

Kesalahan kedua yang sering dilakukan oleh sebagian orang yaitu tidak memakai pelembab bibir atau lip balm sebelum memoleskan lipstik. Tidak mengaplikasikan lip balm membuatnya mudah sekali kering dan mengelupas, bahkan semakin memperjelas tekstur bibir. Akibatnya, tampilannya jadi kurang segar dan jadi seperti berkerak dan nampak tidak sehat.

Meskipun produk lipstik tersebut mengklaim bahwa mereka sudah menambahkan pelembab ke dalam formulanya, tetapi sebaiknya tetap menggunakan lip balm. Hindari mengaplikasikan lipstik saat kondisi kering maupun tidak bersih, sebab nantinya akan membuatnya tampak cracky (pecah-pecah).

Fungsi lip balm adalah menghidrasi bibir supaya tidak membuatnya semakin kering sekaligus melembabkannya secara maksimal. Gunakan pelembab tersebut setidaknya 10-15 menit sebelum memoleskan produk lipstik supaya hasilnya lebih maksimal. Penggunaan lip balm ini juga berlaku pada jenis apapun, baik matte finish, maupun satin finish.

3. Menggunakan Lip Liner Berlebihan

Lip liner merupakan pelengkap produk riasan bibir, fungsinya yaitu supaya membuat tampilan bibir tampak lebih bervolume, seksi, sekaligus tampak awet muda. Namun hal ini pun dapat menjadi sebuah kesalahan besar jika tidak tepat saat mengaplikasikan lip liner, yakni terlalu berlebihan.

Memakai lip liner berlebihan hingga terlalu keluar dari garis asli bibir dapat menyebabkan penampilan jadi lebih tua. Apalagi jika warnanya tidak sama dengan lipstiknya, akan menghasilkan riasan yang nampak belang atau tidak menyatu sama sekali warnanya.
Aplikasikan lip liner secukupnya dan sebaiknya tidak hanya di luar bibir saja, juga ke dalamnya supaya lebih tahan lama.

Gunakan secukupnya saja dan jangan terlalu jauh ke luar bibir. Hindari pula menggunakan shade lip liner terlalu gelap dari warna lipstik karena dapat membuat Anda nampak lebih tua dari usia seharusnya.

4. Salah Memilih Formula Lipstik

Hal lain yang sering diabaikan oleh sebagian besar orang saat memilih produk lipstik adalah salah memilih formulanya. Tidak semua produk tersebut bisa cocok dengan kondisi bibir masing-masing orang, apalagi ada pemilik tipe bibir sangat kering dan mudah sekali mengelupas.

Jika memakai jenis matte finish, justru akan semakin memperparah kondisi tersebut.
Meskipun punya bibir kering mengelupas, bukan berarti orang tersebut tidak cocok memakai lipstik matte. Boleh saja menggunakannya asalkan selalu mengoleskan lip balm terlebih dahulu supaya tidak semakin memperparah kondisinya. Seperti dijelaskan sebelumnya, fungsi lip balm adalah untuk melembabkan bibir kering agar tidak semakin parah ketika ditimpa oleh produk lip matte.
Pemilik bibir kering pun jika ingin membeli lip matte sebaiknya pilih yang mengandung formula untuk melembabkan, namun sebaiknya tetap harus memakai lip balm agar tidak mudah mengelupas.

Di supermarket berkualitas seperti Lotte Mart, Anda bisa mendapatkan berbagai macam produk lip matte yang mengandung ekstra pelembab agar tidak membuat bibir semakin kering.

5. Menimpa Terlalu Banyak Produk di Bibir

Fungsi lipstik adalah untuk memberikan warna pada bibir supaya tidak terlihat pucat dan jadi tampak lebih segar. Selain memilih warna secara tepat, sebaiknya memoleskan produknya pun tidak terlalu banyak menimpanya. Kesalahan terlalu banyak menimpa produk lipstik di bibir kedengarannya sepele, tetapi berakibat pada penampilan.

Sebagian orang merasa jika menimpa lipstik sebanyak mungkin dapat membuatnya lebih tahan lama dan warnanya lebih cantik. Padahal faktanya, justru melakukan kebiasaan seperti ini membuat bibir tampak berat, tidak nyaman, bahkan terlihat menor.
Lipstik terlalu tebal hanya membuatnya mudah menempel di gigi, gelas, dan makanan. Oleh karena itu, jangan terlalu berlebihan mengaplikasikannya. Namun jika sudah terlanjur terlalu tebal, lakukan tap tap bibir pada tisu kering guna membantu mengurangi kelebihan lipstik.

6. Tidak Menerapkan Teknik Bottling Ketika Memakai Lipstik Matte

Anda termasuk pecinta produk lip matte dan selalu menggunakannya untuk aktivitas sehari-hari? Jika benar, apakah sudah mengaplikasikan lip matte dengan benar menggunakan teknik bottling? Seberapa penting teknik bottling ini berpengaruh pada penampilan?

Teknik bottling adalah cara supaya membuat lipstik matte bertahan lama di bibir dengan cara menempelkan selembar tisu di bibir lalu menaburkan bedak menggunakan kuas sambil menepuk-nepuknya. Menerapkan teknik bottling dapat membantu lipstik supaya lebih awet serta jarang melakukan touch up, cocok sekali diterapkan sehari-hari.

Sebaliknya jika tidak melakukan teknik bottling, ketahanan lipstik jadi sangat kurang di bibir meskipun termasuk matte finish. Tenang saja, teknik bottling ini tidak akan membuat bibir tampak berat, kok!
7. Langsung Melakukan Touch Up Tanpa Membersihkannya

Kesalahan memakai lipstik yang sebaiknya dihindari selanjutnya yaitu langsung melakukan touch up tanpa membersihkannya sama sekali. Kesalahan seperti ini dampaknya cukup fatal, apalagi sebelum dilakukan touch up, bibir masih dalam keadaan kotor, berminyak, bahkan banyak tumpukan sel kulit mati di permukaannya.

Tak jarang warna lipstik menjadi pudar setelah melakukan kegiatan berkeringat, makan, minum, maupun aktivitas lainnya sehingga perlu dilakukan touch up.

Melakukan touch up tanpa membersihkan bibir terlebih dahulu, justru dapat memperjelas kekurangannya serta terlihat tidak rata ketika mengaplikasikan lipstik kembali. Tak hanya itu, rasanya pun jadi tidak nyaman, warnanya susah rata, dan tampak jelas sel kulit mati yang masih menempel.

Ada baiknya ketika melakukan touch up, bersihkan bibir terlebih dahulu hingga benar-benar bersih dari minyak, kotoran, maupun sel kulit mati. Setelah itu oleskan pelembab bibir, kemudian barulah aplikasikan lipstik secukupnya saja. Menerapkan cara touch up seperti ini akan membuat penampilan Anda segar kembali.

Memakai lipstik merupakan salah satu cara untuk mempercantik penampilan, asakan digunakan secara tepat. Semoga tips ini bisa membantu menghindari kesalahan saat memakai lipstik.

BERITA REKOMENDASI