Jangan Sembarangan Memilih Bra, Perhatikan 5 Hal Ini

PERMASALAHAN mendasar di kalangan perempuan ialah sering kali melakukan kesalahan dalam membeli bra. Dari ukuran yang kelonggaran hingga terlalu sempit menjadi hal yang rasanya semua perempuan pernah mengalaminya.

Padahal, bra merupakan kebutuhan pokok yang selalu digunakan setiap saat. Jika menggunakan bra yang salah, tentu bisa mengganggu aktivitas keseharian Anda.

Untuk menghindari hal tersebut, dilansir dari Asia One, perhatikanlah hal berikut ini saat memilih bra.

1. Mengetahui Ukuran Lingkar Dada

Ukuran lingkar dada adalah angka yang menentukan dalam pemilihan ukuran bra. Namun, terkadang angka tersebut tidak akurat. Ada beberapa yang toko yang memiliki angka yang sama tetapi ukurannya berbeda.

Sebelum membeli, pastikan dulu toko yang Anda kunjungi menggunakan ukuran yang seperti apa, inci atau sentimeter. Hal tersebut bertujuan agar Anda tidak kebingungan bahkan salah dalam melakukan pembelian. Jika masih ragu, bawalah pita pengukur untuk memastikan lingkar dada Anda.

2. Temukan Cup yang Tepat

Ukur payudara Anda, lalu kurangi jumlahnya dari ukuran pita. Jika ukuran payudara Anda lebih kecil satu inci dari besar ukuran lingkar dada, berarti Anda memiliki ukuran cup AA.

Perbedaan satu inci ialah A, dua inci B, tiga inci C, empat inci D, dan lima inci DD. Perbedaan terbesar pada bra ialah 15 inci dengan ukuran cupnya adalah O.

3. Nyaman Digunakan

Bra yang Anda pilih harus dipastikan pas di area dada Anda. Cup harus menempel dengan baik pada payudara, memiliki bentuk elastis di sekitar dada, dan tidak boleh terlalu ketat atau terlalu longgar.

Jika perlu, sesuaikan tali pengikat agar pas. Tetapi, jika saat menyesuaikan membuat bagian belakang tali terlalu tinggi, maka Anda lebih baik memilih cup yang lebih kecil.

4. Pilih Cutting yang Sesuai

Pemilihan cutting disesuaikan dengan payudara dan kebutuhan Anda. Bra dengan underwire akan membantu membuat payudara lebih terangkat. Sedangkan jika ingin lebih banyak volume, Anda bisa memilih jenis bra push-up dengan tambahan busa.

Jika Anda terbiasa mengenakan pakaian yang ketat, bra empuk akan menjadi pilihan terbaik. Namun apabila mementingkan kenyamanan, bra segitiga cocok untuk Anda.

5. Menggantinya Jika Sudah Tidak Layak Pakai

Seperti ukuran pakaian, bra pun akan berubah seiring perubahan dalam tubuh Anda. Hanya karena Anda menggunakan ukuran 34B pada tahun lalu, bukan berarti akan tetap memiliki ukuran yang sama di tahun berikutnya.

Jika bra Anda mulai terasa ketat atau longgar, Anda perlu mengukur payudara Anda untuk menemukan ukuran yang pas. Cobalah untuk menghindari penggunaan bra selamanya karena terdapat perubahan hormon yang akan menyebabkan ukuran payudara menjadi lebih besar.(*)

BERITA REKOMENDASI