Mendapat Respons Positif, Kain Batik Indonesia Diminati Warga Turki

SALAH SATU budaya Indonesia yang terkenal sampai ke mancanegara adalah kain batik. Ibu Negara Turki, Emine Erdogan, sangat antusias saat menerima tanda mata berupa batik dan tas etnik.

Tanda mata tersebut diberikan Sinta Agathia, istri Duta Besar RI untuk Turki, di kediaman Presiden di lingkungan Istana Kepresidenan Turki di Ankara, seperti dikutip dari laman Kemlu.go.id, Kamis (1/4/2021).

Tanda mata tersebut dipesankan khusus dari sejumlah butik produk etnik di tanah air.

Sebelumnya pada 2020, KBRI Ankara pernah mengirimkan masker sutera batik kepada sejumlah pejabat tinggi di Turki dalam rangka mempromosikan batik dan sekaligus memperingati 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Turki.

Dari laman media sosialnya, diketahui bahwa masker sutera kiriman KBRI tersebut beberapa kali digunakan Emine Erdogan saat menerima Ibu Negara dari negara sahabat.

“Beliau menunjukkan minat dan pengetahuan luas mengenai produk-produk etnik, apalagi mengetahui mayoritas pengrajinnya adalah wanita. Beliau mengajak saya berdiskusi mendalam tentang setiap produk yang saya berikan, khususnya batik dan tas berbahan ketak dari Lombok. Tampaknya beliau tidak hanya melihat keduanya sebagai produk fashion, tetapi sebagai karya seni,” ujar Sinta Agathia.

BERITA REKOMENDASI