Produk Skincare Asal Yogya Ungkap Dukungan Perempuan Indonesia Wujudkan Ekspresi Diri

KEBEBASAN perempuan untuk mengekspresidkan diri seharusnya sudah jadi bagian hak asasi manusia secara otomatis. Namun, dalam perjalanannya, perempuan di Indonesia masih mengalami berbagai macam batasan untuk menjadi diri mereka sendiri.

Berusia 30 tahun dan belum menikah, mendapat cibiran. Ketika memilih childfree, mendapat stigma negatif yang tak jarang menggugurkan mental.

Belum lagi ketika cita-cita yang berusaha diwujudkan tak sesuai dengan harapan orang-orang lain, mendapat cap buruk. Termasuk dengan cap kurang cantik jika tidak putih dan berambut lurus, masih saja harus dihadapi perempuan Indonesia sampai saat ini.

Seluruh pilihan hidup perempuan, dari urusan formal hingga paling personal seolah harus beririsan dan tunduk pada berbagai batasan di luar diri. Sedihnya, kasus-kasus di atas bukan hal asing, malah jamak terjadi di lingkungan kita karena berbagai aturan, perilaku, tradisi, hingga stigma sosial yang tidak memihak dan cenderung diskriminatif jadi penghalang perempuan untuk mengekspresikan diri mereka sebenarnya.

BERITA REKOMENDASI