Sogan Batik Hadirkan Sasra Sahastri di JIBB 2018

YOGYA, KRJOGJA.com – Peragaan busana bertema Sasra Sahastri atau santri milenial dihadirkan Iffah M Dewi pada ajang Jogja International Batik Biennale (JIBB) 2018 di Pagelaran Kraton Yogya. Karyanya ini mengacu pada trend fashion 2018 yaitu Singularity dengan tema Exuberant. 

Sasra Sahastri dinarasikan sebagai ajakan untuk terus menjadi pembelajar yang bijak dalam menghadapi perubahan, bertaqwa, menjauhi larangan-Nya, menjalankan perintah-Nya serta berkepribadian teguh di tengah pengaruh keterbukaan informasi yang tak berbatas. 

Menurut Iffah M Dewi founder Sogan Batik, karya yang disajikannya menggunakan batik tulis khas Yogya warna hitam, merah bata, merah dan kuning. Motif batik yang digunakan adalah motif kreasi baru yang dibuat pada 2018. Antara lain motif Canthing Aman, motif Sipat, motif Nalain Shareef serta motif Hanacaraka. 

"Motif batik bisa menjadi media untuk menyampaikan pesan-pesan historis dan kearifan lokal yang menjadi identitas bangsa Indonesia," kata Iffah. Masih menurutnya, pada perkembangan saat ini batik dinilai berpotensi naik ke level global. Dan melalui Sogan Batik, dirinya berkomitmen tidak hanya menyuguhkan karya batik asli saja, namun juga menarasikan pesan sejarah nusantara dan Islam dunia pada setiap koleksi motif batik koleksi. Karena nilai-nilai inilah yang dijadikan pakem utama dalam pengembangan koleksi. Di sisi lain, setiap proses produksi batik baik dari desain, pola, pembatikan, pewarnaan, penjahitan sampai selesai, selalu diiringi dengan dzikir. Kebiasaan ini dinamakan dengan "batik berdzikir".

"Harapan kami, batik dapat makin disukai masyarakat Indonesia maupun dunia. Karena di dalam prosesnya melibatkan sumber daya manusia lokal sehingga sangat baik untuk pondasi perekonomian lokal Indonesia," papar Iffah. Selain itu motif batik penuh nilai universal untuk dapat diterima masyarakat dunia dan menjadi sarana menyebarkan pesan kebaikan. "Dan yang terpenting, industri ini bisa menambah lapangan pekerjaan bagi banyak pihak," pungkasnya. (Sal)

 

BERITA REKOMENDASI