Sunny Yoonsun Choi Rancang Busana untuk Pasar Global

YOGYA, KRJOGJA.com – Indonesia menjadi salah satu market besar yang mulai dilirik banyak pengusaha untuk mengembangkan bisnisnya. Tak terkecuali pengusaha asal Korea Selatan, Sunny Yoonsun Choi.

Ditemui KRJOGJA.com beberapa waktu lalu, Sunny mengatakan Indonesia adalah negara yang akan menjadi Cina kedua dengan kekuatan populasinya yang cukup banyak. Maka, ia tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk melebarkan sayap bisnisnya ke Indonesia, tepatnya di Yogyakarta.

Dengan mengusung label modestudio, Sunny sendiri sudah mulai menjajaki pasar Indonesia melalui beragam parade busana, khususnya busana sederhana, seperti Muslim Fashion Festival (Muffest) dan Ramadan on the Island: Urban Modest yang digelar pada tahun 2019. Ia sempat mengenyam pendidikan di Australia dan Islamic Fashion Institut (IFI) Bandung.

"Sebenarnya, jika dipelajari lebih lanjut, gaya berpakaian muslim  dengan orang Korea zaman dulu itu tidak jauh beda. Mereka juga pernah diharuskan menggunakan penutup kepala," buka Sunny. Penutup kepala yang ia maksud adalah jang ot dan digunakan oleh perempuan yang hidup di Dinasti Joseon. Tak hanya untuk penutup kepala, jang ot juga bisa dipakai guna menutupi badan dan wajah.

Dari situ, ia mulai mendalami desain bernuansa busana modest. Ini dipilih sebagai lini bisnisnya memang beralasan. Mayoritas penduduk Indonesia adalah muslim dan sebagian menyukai gaya K-Pop. Maka, ia tertarik untuk memadukan Korean Style

dengan modest style

. Rencananya, produk itu akan dipasarkan secara international dan bekerjasama dengan brand Korea.

Di bulan Desember 2019 lalu, Sunny sempat menghadiri K-Pop Dance Competition yang diselenggarakan di Parkson, Hartono Mall. "Saya mau memperkenalkan desain Korea dengan Parkson dan pasar fesyen yang ada di Indonesia, khususnya di Yogyakarta," tambahnya. Selain itu, ia juga menggelar parade busana di Yogyakarta dan memperkenalkan brand Korea, Flyrunway.

Jika Anda penggemar K-Pop, brand tersebut menjadi favorit Yoona Girls' Generation. Selain modest wear, Sunny akan memproduksi sederet produk penunjang busana sederhana itu. Sunny juga mulai melirik motif-motif batik. Menurutnya, seni membatik dengan tangan itu cukup menarik dan mencirikan budaya yang khas Indonesia. (R-1)

BERITA REKOMENDASI