Geronimo FM 50 Tahun Berjasa Angkat SO7 dan Jikustik ke Blantika Musik Tanah Air

Editor: Ary B Prass

Berbagai program digelar dalam memperingati ultah Geronimo FM, ada One Day Quiz pada 31 Mei – 6 Juni, Program Gayam Siaran (Gaya Mantan Siaran) yang menghadirkan eks penyiar Geronimo angkatan 1970 – 2000 kembali siaran, serta Tik Tok Quiz yang mengajak kanca muda untuk mengikuti gerakan Tik Tok dengan menggunakan iringan musik “Viva Geronimo”.

Sementara Helly B, Marketing Manager Geronimo FM menceritakan, tak banyak orang tahu stasiun radio ini menjadi satu dari dua radio swasta paling tua di Yogyakarta. Berawal dari siaran dari pemancar SW yang kemudian migrasi ke FM, radio ini dikembangkan anak-anak muda pada jamannya dengan nama Gembel Rapi atau Gemar Belajar Rajin Berpikir di frekuensi 106.1 FM.

“Gembel rapi inilah merupakan cikal bakal adanya radio geronimo. Pada saat siaran, penyiar-penyiarnya memberikan gelar pada dirinya sendiri yaitu senator,” jelasnya.

Pada 1971, radio tersebut dikelola sejumlah anak muda dengan nama-nama unik mereka. Sebut saja Sonny Kusuma Yuliarso (Senator Valentino), Gatot Kartiyoso (Senator Bonaparte), Abdul Syukur (Senator Ferdinand), Siswanto S. (Senator Onasis), Antono Widodo (Senator Antonio), Placidus Sudibyo (Senator Bonaventura), Ambar Suryanto (Senator Ambasador). Selain itu Suharto (Senator Romeo), Bambang Widjatmoko (Senator Bambino), Suprapto Purwijayanto (Senator Edison), Widodo S (Senator Gusti Budha), Alex Hartrisno (Senator Alexander), Sudjono S (Senator John O), Bambang Setiawan (Senator Otto von Bismark), Waspodo (Senator Washington), dr Puranto (Senator Al Capone), Pranowo (Senator Old Shatterhand), dan Santo Sewoyo (Senator Santo Bolivar).

Dikelola dengan format Top 40, radio ini sempat menjadi barometer musik. Sebab tak hanya menyuguhkan berbagai informasi mengenai dunia hiburan, seni budaya dan gaya hidup anak muda, Geronimo juga tidak meninggalkan konten lokal khususnya Daerah Istimewa Yogyakarta. Geronimo FM juga aktif mengelola dan menyediakan wadah bagi komunitas anak muda.(Abp)

 

BERITA REKOMENDASI