Berkendara Semakin Nyaman, Cek dan Rekondisi Suspensi Kendaraan

MERAWAT atau menjaga kondisi kendaraan tidak sebatas melihat performa mesin, periksa juga bagian kaki-kaki atau suspensi. Jangan sampai kita mengabaikannya karena part-part tersebut saling berkaitan demi mengejar kenyamanan berkendara.

Agar nyaman, perawatan suspensi dapat dilakukan dengan mengecek per-bagian komponen secara bertahap. Sehingga pemilik kendaraan jauh lebih mudah saat lakukan perawatan, rekondisi (peremajaan), merencanakan tahap rekondisi hingga berdampak pada efesiensi waktu juga biaya.

“Bagian dalam kaki-kaki kendaraan terdapat banyak, masing-masing bagian part juga tersusun dalam beberapa komponen. Pada Bengkel resmi Peugeot kami memiliki SOP atau standar pengecekan dengan mengecek per-bagian secara bertahap. Dari hasil pengecekan, pelanggan akan memiliki gambaran soal kondisi komponen, waktu juga biaya,” terang Roni Agung, Workshop Head Astra Peugeot Sunter.

Langkah pertama, melihat kondisi Tie Rod dan Ball Joint. Keduanya merupakan komponen penting untuk mengarahkan roda. Tie Rod berfungsi menghubungkan roda kemudi ke ban agar bisa belok ke kanan dan kiri. Sedang ball joint sebagai sumbu roda atau pengikat antara as roda (knuckle) dengan arm (sayap), menjadi tumpuan roda saat berbelok ke kanan atau kiri.

“Mendeteksi kerusakannya dapat dengan mendengarkan suara yang muncul dari arah lengan roda. Jika timbul suara aneh, dapat dipastikan bantalan bola sudah mulai kendor (aus). Permukaan Tie rod dan ball joint sudah berubah atau tidak halus, juga penanda bahwa komponen sudah aus dan harus segera diperbaki,” imbuhnya.

BERITA REKOMENDASI