Bermula dari Fantasi Film, Iqbal Buat Robot T-Rex

YOGYA, KRJOGJA.com – Tiranosaurus atau Tyrannosaurus rex (T-Rex) adalah jenis Dinosaurus karnivora terbesar, memiliki tubuh besar dengan panjang sekitar 12,5 meter, tinggi hingga 13 meter, dan berat mencapai 7 ton, kadal raksasa tersebut sangat seram pastinya. Berbeda dengan T-rex asli yang identik dengan kata menakutkan, seorang remaja berusia 18 tahun asal Purbayan, Kotagede, Yogyakarta ini justru mampu membuat T-rex yang lucu bahkan disenangi anak-anak.

"Dulu cuma berfantasi dari film, sepertinya asik dan saya pengen aja untuk menaiki dinosaurus. Dari ide saya untuk membuat dinosaurus, saya kemudian di bantu bapak dan teman-temannya untuk menciptakan robot ini," kata Muhammad Iqbal Firmansyah, Jumat (19/1/2018).

Dikatakannya, meski sudah bisa berjalan dan terlihat sempurna robot yang memiliki dimensi panjang 2 meter dan tinggi 1,25 meter ini masih akan terus dikembangkan juga disempurnakan baik secara teknologi juga secara bentuk fisik. Iqbal bersama tim pembuat robot 'Jagatjaya Kreasi' ini ke depan bahkan akan berencana membuat animatronik jenis lain dengan ukuran 1:1 sehingga memiliki bentuk dan besar dengan hewan aslinya.

"Kalau ini kan kecil, jadi kalau mau dinaiki harus dikasih seperti gerobak dibelakangnya, ke depan pengen juga membuat robot dengan ukuran 1:1 jadi seperti asli, pengennya mau membuat Gajah," imbuhnya.

Berbeda dengan T-rex asli yang mampu berlari dengan kecepatan hingga 40km/jam, robot ini mampu berjalan sekitar 10 km/jam. Hal tersebut disesuaikan dengan kebutuhan untuk hiburan bagi anak-anak dan kaitannya dengan tingkat keamanan. "Begitu juga dengan bahan untuk robot selain kerangka dan motor penggerak yang terbuat dari besi bahan untuk membuat bentuk t-rex dari silicon, spon hati, dan busa. Bahan tersebut lebih elastis jadi lebih mudah dibentuk," katanya.

Terkait dengan pergerakan robot yang mampu berjalan, berbelok, menggerakkan kepala, mengedipkan mata hingga mengeluarkan suara rauman khas Dinosaurus , Iqbal menjelaskan semua alat untuk menggerakkan robot memakai alat yang sudah sebelumnya seperti motor listrik. Bahkan dari berdiskusi dengan tim Iqbal tidak jarang menggunakan barang bekas yang tidak terpakai namun masih bisa difungsikan. Bersama ayah dan rekan ayahnya ia lalu membuat struktur kelistrikan sampai rangkaian motor penggerak yang mampu menjalankan robot berkaki dua ini.

"Kalau untuk sumber daya robot ini menggunakan tenaga aki mobil 12 volt 45 ampere, dengan daya tersebut robot ini mampu menarik beban hingga 50 kg lebih dan mampu bertahan untuk berjalan 30-40 menit. Sementara untuk biaya produksi hampir 20 juta, tapi yang jelas kami berkeiginan untuk memproduksi robot ini dan bisa menjualnya sebagai produk robot animatronik lokal yang bisa membanggakan," ujarnya. (*-3)

BERITA REKOMENDASI