Burung Kakaktua Bisa Menirukan Suara, Ini Penyebabnya

BURUNG merupakan satu-satunya hewan yang mampu menirukan suara manusia. Beberapa spesies atau jenis burung bahkan dapat meniru kata-kata yang didengar di lingkungan sekitarnya.

Gagak, mynah, dan kolibri merupakan jenis burung yang dapat meniru suara yang didengar. Namun, burung yang paling baik meniru ucapan manusia adalah burung kakaktua. Mereka dapat belajar mengucapkan ratusan kata dan memahami arti dari beberapa kata itu.

Seekor Burung Kakaktua Grey Afrika di Kebun Binatang Knoxville di Tennessee, Amerika Serikat, bernama Einstein dapat mengucapkan sebanyak 200 kata. Pun Para ilmuwan meneliti bagaimana burung ini dapat meniru suara manusia.

Dikutip dari Mental Floss, Senin (2/11/2020), burung kakaktua mampu melakukannya karena di bagian otak mereka terdapat sesuatu yang disebut “sistem nyanyian”. Dalam sistem ini ada bagian lagi yang dinamakan “inti dalam”. Inti bagian dalam sangat penting untuk membantu burung ini belajar cara membuat suara.

Burung kakaktua juga memiliki bagian tambahan dari sistem nyanyian yang disebut “kulit terluar”. Para ilmuwan berpikir kulit luar ini membantu burung beo menjadi sangat pandai dalam menyalin suara.

Burung kakaktua adalah hewan sosial. Di alam liar pun mereka dapat menirukan suara burung lainnya. Namun jika di sekitar manusia, mereka cenderung meniru suara pemiliknya karena sudah mengganggap seperti keluarga.

BERITA REKOMENDASI