Cermati, BPKB yang Anda Miliki Asli atau Palsu

SEBELUM membeli sebuah kendaraan, hal yang harus diperhatikan adalah memeriksa kondisi kendaraan secara menyeluruh. Baik dari fisik kendaraan maupun keabsahan dokumen, seperti BPKB.

Untuk menghindari konsumen dari pemalsuan surat serta potensi kerugian yang lebih parah lagi diakibatkan oleh sindikat pemalsu surat, TMC Polda Metro Jaya lewat website-nya merilis sejumlah cara untuk mengenali mana BPKB yang asli. Setidaknya, ada lima ciri BPKB yang asli.

1. Cover BPKB asli lebih mengkilap daripada yang palsu.

2. Hologram dari BPKB asli tak akan berubah warna dan tetap terlihat berwarna silver jika disorotkan ke sinar, sementara yang palsu akan memancar dengan warna kuning.

3. Adanya nomor di bawah bagian hologram, dimaksudkan untuk mengategorikan pemilik kendaraan berdasarkan domisili. Namun sejumlah nomor tak akan bisa dideteksi pembacanya karena memang bersifat rahasia milik Korlantas.

4. Ciri berikutnya adalah pada bagian identitas pemilik. Yang palsu acapkali ditemukan dalam kondisi seperti dicetak ulang setelah sebelumnya dihapus.

5. Pada halaman ke-14 ada logo Korlantas yang muncul hanya jika disinari menggunakan ultraviolet. Selain itu, kertasnya juga bertekstur kasar mengikuti pola yang ada pada logo.(*)

 

BERITA REKOMENDASI