Ditanam di Pot, Dukung Nuansa Natural Bonsai

AGAR tanaman bonsai tampil natural serta enak dipandang, ada beberapa cara dapat diterapkan. Satu di antaranya dapat ditanam di pot berbahan pasir dan semen, apalagi jika pot tersebut sampai berlumut.

“Cara membuat potnya cukup mudah, bahan baku cukup pasir dan semen. Perbandingannya, tiga pasir dan satu semen. Kerangkanya dari kawat serta strimin dan bentuk pot bisa tak beraturan,” ungkap penggemar bonsai asal Sedayu Bantul, Surahmat, baru-baru ini.

Menurutnya, tinggi pot karena untuk bonsai biasa tak lebih 20 cm. Jika pot bonsai ini sudah kering, tak perlu dicat. Lalu diisi dengan media tanam, misalnya campuran tanah subur, pasir dan kotoran kambing yang sudah terfermentasi. 

Jenis tanaman bonsai yang dapat ditanam, antara lain beringin, preh, asam Jawa, sancang, ampelas putih, kawista, sisir, melati lanang, hokianti dan jeruk kingkit. Bagian atas media tanam dapat juga diberi beberapa batu termasuk jenis batu karang maupun batu putih. "Tak jarang akar tanaman bonsai akan merambat sampai bebatuan, sehingga semakin menambah suasana alami dan enak dilihat,” urainya.

Menurut Surahmat, jika pot yang terbuat dari pasir dan semen tersebut dibuat besar atau lebar, cocok juga digunakan menanam lebih dari satu tanaman bonsai. Jenis tanaman dalam satu pot bisa sama maupun berbeda. Cara penanaman bonsai seperti ini sering disebut juga bonsai bertema pemandangan. Selain bertema pemandangan, ada lagi bonsai dengan tema menggelantung, tegak serta miring.

Bonsai pemandangan ini dapat dikombinasi dengan beberapa bahan pendukung  keindahan lainnya. Selain bebatuan, bisa juga pecahan genteng, batu bata, kayu kering sampai tanah berlumut. Adapun modal penting dalam membuat bonsai menawan antara lain kesabaran, ketelatenan serta bakat dalam menciptakan keindahan. (Yan)

BERITA REKOMENDASI