Gedebog Pohon Pisang Cegah Kematian Lele

BANYAK belajar dari ahlinya serta mempunyai kiat-kiat jitu tersendiri, diharapkan usaha budidaya lelenya bisa sukses. Salah satu kiat, yakni menempatkan gedebok pisang sebagai anti biotik untuk mencegah kematian lele dalam jumlah banyak.

Pritha Untari yang juga sekretaris Paguyuban Budidaya Lele Jogja termasuk semangat dalam membudidayakan lele dan telah menerapkan kiat tersebut. Wajar di bak kolam lele miliknya selalu ada batang gedebok yang diyakini berfungsi sebagai anti biotik yang membantu mencegah aneka penyakit lele.

Tak kalah penting, soal pakan lebih memilih buatan pabrik, bukan pakan asal-asalan seperti limbah dapur dan sebagainya.  Lalu setiap seminggu sekali,  air di bak kolam juga diganti namun cukup separonya saja. Cara ini akan menjaga kualitas air tetap bagus dan berdampak bagus bagi kesehatan lele-lele di kolam.

“Memang setiap usaha akan ada kendalanya. Dalam budidaya lele antara lain bisa berpeluang ikan-ikan mati sampai dalam jumlah banyak. Bisa juga mendapatkan bibit jelek, jadi lama pertumbuhannya,” ungkap Pritha saat ditemui di tempat budidaya lelenya kawasan Brongkol Sleman, baru-baru ini.

Ditambahkan, saat ini empat bak kolam lele bekas kandang sapi sudah aktif digunakan untuk membudidayakan lele. Bak kolam ini berdampingan dengan kandang sapi yang dikelola suaminya. Setiap bak kolam dapat diisi tiga ribu lele. Ia biasa membeli bibit ukuran 6-8 cm maupun 7-9 cm. 

Dalam waktu antara 50 sampai 60 hari, lele diharapkan sudah dapat dipanen. Selain bak kolam, ia juga tengah menyiapkan belasan kolam bulat menggunakan terpal dan kerangka besi di pekarangan rumahnya.

“Saya awalnya hanya sekadar coba-coba atau untuk hiburan saja memelihara lele. Dalam perkembangannya ingin secara intensif atau sebaik mungkin dalam membudidayakan lele. Apalagi setelah banyak belajar dari para senior pembudidaya ikan lele,” jelas ibu dari satu anak ini.

Pada kesempatan tersebut, salah satu ‘technical & sales support’ produk pakan ikan wilayah Yogyakarta, Erni Widiastuti SPi sedang menyambangi lokasi budidaya lele milik Pritha. Ia pun merasa salut, sebagai kaum wanita  bisa semangat dalam menggeluti budidaya lele. 

Apalagi soal perawatan dan tata-laksana budidayanya sudah bagus. Tak kalah penting, ia pun berharap agar pakan rutin yang diberikan, dua kali dalam sehari dipilih yang sebaik mungkin.

“Salah satu faktor pendukung pakan lele yang bagus yaitu tinggi kandungan proteinnya. Jenis ikan nila pun juga bagus jika rutin diberi pakan dengan kandungan protein tinggi antara 31 sampai 33 persen, agar pertumbuhannya bisa maksimal,” tegas Erni. (Yan)

BERITA REKOMENDASI