Jagoan Kontes, Rex Rabbit Bikin Gemes

Editor: KRjogja/Gus

KELINCI jenis rex maupun mini rex mempunyai penggemar fanatik. Sebagian penggemar jenis kelinci ini bahkan sudah bergabung di komunitas Indonesia Rex Rabbit Club (IRRC). Ketika digelar kontes kelinci, anggota IRRC yang tersebar di beberapa daerah akan membawa rex maupun mini rex berkualitas atau kelas kontes.

Menurut salah satu anggota IRRC, Hasbi Adibyantoro, beberapa hal yang bisa mempengaruhi nilai kelinci rex saat dilombakan, antara lain bulu, kepala, telinga, mata, kaki, ekor sampai kondisi kesehatan secara umum. Khususnya bagian bulu kelinci, kian berkualitas jika sangat empuk saat disentuh, halus, memberikan kesan memantul saat disentuh, rapat/padat dan pendek atau tak lebih dari 2,2225 centimeter. Bahkan tampilan bulu mirip jenis karpet halus maupun kain bludru.

”Pentingnya tampilan bulu kelinci rex dalam suatu kontes, jumlah poin nilainya sampai 40, sedangkan faktor lainnya seperti kepala, telinga, mata, kaki dan ekor mulai dari satu sampai 35 poin,” ungkap Hasbi saat ditemui di rumahnya kawasan Jengkelingan Sidoarum Sleman, belum lama ini. 

Kriteria bagian kepala kelinci jenis rex berkualitas, antara lain ukuran harus proporsional dan seimbang dengan ukuran tubuh. Sedangkan bagian telinga berukuran medium, memiliki ukuran/proporsi sesuai dengan ukuran tubuh dan tegak. Sebaliknya jika telinga tampil besar tak seimbang dengan ukuran tubuh serta tipis menjadikan perolehan poin tak bisa maksimal.  Adapun kriteria mata yang baik, misalnya harus cerah dan tegas.

”Sebelum diikutkan lomba, kelinci ditimbang dahulu berat badannya. Agar lolos bisa diikutkan lomba atau kontes,
mini rex dewasa jantan beratnya maksimal 1,9 kilogram dan yang betina maksimal dua kilogram. Kelinci rex biasa sudah dewasa, berat minimal untuk jantan 3,4 kilogram dan betina 3,6 kilogram,” jelas Hasbi.

Pemilik Varo Rabbitry ini menambahkan, ketika ingin menangkarkan jenis kelinci rex, betina siap kawin sebaiknya setelah umur enam bulan. Sedangkan yang jantan sudah di atas tujuh bulan. Cara mengawinkannya cukup menjadikan satu antara betina dan jantan. Idealnya saat suhu dingin, bisa pagi, sore maupun malam hari. Setelah terjadi perkawinan segera dipisah lagi kandangnya antara jantan dan betina.

Masa bunting kelinci rex betina antara 30 sampai 32 hari. Jenis mini rex biasa mempunyai anakan antara empat sampai lima ekor setiap tahap beranak. Rex biasa umumnya antara tujuh sampai sembilan anakan setiap tahap beranak. Ketika masa menyusui, kelinci dapat diberi pakan tumbuhan wujud hijauan jenis daun katuk serta daun adas. Anakan kelinci umur 40 sampai 45 hari sudah biasa disapih oleh induknya.

”Pakan rutin yang saya berikan untuk kelinci, yaitu jenis pakan pelet kering. Pakan hijauannya seperti beberapa jenis rumput dan dedaunan ataupun sayur sebagai pakan tambahan saja. Guna mencegah gangguan kembung, pakan hijauan perlu dilayukan dahulu sebelum diberikan ke kandang kelinci,” beber Hasbi. (*)

BERITA REKOMENDASI