Kementerian Pariwisata Berikan Panduan Kegiatan Maraton

Singgih mengungkapkan, sebagian orang saat ini bahkan lupa untuk menerapkan kebiasaan baru dengan menggunakan masker. Jangan sampai hal ini justru menjadi celah yang bisa menimbulkan potensi penularan Covid-19 di event maraton. Sesaat dan sebelum pelaksanaan event harus ada langkah antisipasinya. “Saat event berlangsung LO atau orang-orang yang mengingatkan penerapan protokol kesehatan harus banyak,” urai Singgih.

Dalam sosialisasi ini juga dihadirkan beberapa pembicara yang biasa terlibat dalam event maraton besar yang ada di Indonesia.Tama dari Maybank Bali Maraton menambahkan, dalam mengikuti event maraton, para peserta wajib mengisi data diri secara online untuk kepentingan tracing. Data ini penting untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. “Ketika acara maraton diikuti di luar kota, peserta bisa disarankan memiliki asuransi tambahan. Misalnya asuransi perjalanan yang bisa membantu mereka jika ada kendala,” kata Tama.

Selain itu juga ada ketentuan-ketentuan lain bagi para peserta maraton. Misalnya melampirkan bukti bebas Covid-19. Penyelanggara juga harus berkoordinasi dengan Satuan Tugas Penanganan Covid-19 di tempat diselenggarakan event maraton. Hal ini agar memudahkan koordinasi jika terjadi sesuatu dalam pelaksanaan event.(Aha)

BERITA REKOMENDASI