Latber Ocehan Ciblek Rutin Digelar

Ditemui di tempat tinggalnya kawasan Tegalrejo Yogya, Rama menjelaskan, ocehan jenis ciblek meski mempunyai postur mungil, namun mempunyai suara khas. Bahkan sering keluar suara seperti tembakan atau ngebrem. Tak jarang ciblek dengan suara kualitas bagus rutin diikutkan lomba, bahkan dijadikan master (untuk melatih ciblek yunior). Guna melatih ciblek bersuara biasa sampai menjadi berkualitas bagus dan layak dilombakan bisa membutuhkan waktu sekitar empat bulan.

Selain dapat diperoleh dari hasil tangkapan alam, sebagian ciblek juga ada hasil penangkaran. Khususnya hasil penangkaran biasa dibanderol dengan harga lebih mahal, bahkan ketika masih piyik atau perlu diloloh manusia sudah dijualbelikan. Misalnya, piyik ciblek umur 12 hari diambil dari sarang induknya, lalu ditempatkan di kotak inkubator yang dilengkapi lampu penghangat.

Piyik ini dapat diloloh menggunakan voer buatan pabrik dicampur air hangat secukupnya, sehingga menjadi wujud seperti bubur. Bahkan bisa ditambah jangkrik yang sudah dimatikan lalu diiris kecil-kecil bagian badannya. Rata-rata umur satu sampai satu setengah bulan, anakan ciblek sudah bisa makan sendiri.

“Ciblek remaja dan dewasa dapat diberi pakan rutin seperti voer kering buatan pabrik, kroto, ulat kandang, jangkrik dan ulat hongkong,” jelas Rama. (Yan)

BERITA REKOMENDASI