Mau Bikin Video Ala Mak Beti, Ini Cara Simple-nya

Editor: KRjogja/Gus

YOGYA, KRJOGJA.com – Channel Arif Muhammad di Youtube melalui Keluarga Mak Beti memang sedang fenomenal. Dari anak-anak hingga orang dewasa tau karakter Mak Beti yang cerewet, galak tapi lucu dalam keluarganya bersama sang anak Beti dan suaminya Sutrisno.

Adalah Arif Muhammad yang memainkan semua karakter peran dalam serial Mak Beti tersebut. Berformat Double scene, Lelaki asal Sumatera Utara ini berhasil membawakan semua peran dari beragam suku Indonesia dengan baik.

Kalian penasaran bagaimana caranya membuat video dengan tehnik double scene seperti itu? Sebenarnya cukup sederhana teknik pengambilan gambar, tetapi memang membutuhkan persiapan dan tentunya kesabaran. 

Kenal Mak Beti? Ini Penghasilan si Pemeran Arif Muhammad dari Youtube

Teknik dua orang yang sama dalam satu frame sangat memungkinkan dibuat dengan fasilitas software editing modern saat ini. Kamu hanya membutuhkan dua gambar berbeda namun dengan latar yang sama yang kemudian nantinya bisa dipadukan saat proses editing. Berikut teknik sederhana yang bisa kamu coba sendiri bahkan dengan HP kamu sendiri..

1. Persiapkan kamera dengan angle stil / diam dengan latar belakang yang luas (memungkinkan untuk diisi dua konten       disisi kanan dan sisi kiri frame)

2. Bagi frame menjadi dua dengan garis imajiner vertikal ditengah frame, selanjutnya dua bagian tersebut bisa kita              sebut sisi kanan dan sisi kiri 

3. Bikin rekaman pertama dengan motion / gerakan disisi kanan frame (lebih disarankan adalah adegan interaksi                dengan seolah olah pemeran sisi kiri frame)

4. Rekaman kedua dibuat dengan adegan disisi kiri frame. (adegan ini adalah interaksi balasan dari rekaman pertama).       tips: rekam suara dialog pada rekaman pertama. fungsinya diputar saat merekam adegan rekaman kedua untuk             menyelaraskan dialog dari pemeran.

5. Hasil dari dua rekaman video ini kemudia dipadukan dalam software editing dengan cara menumpuk kedua rekaman       lalu dirender. Taraaaa…! video hasil penyatuan tadi menghasilkan satu video dengan dua adegan dengan pemeran         yang sama.

Teknik diatas adalah cara paling sederhana membuat rekaman video ala Mak Beti. bagi kalian yang sudah jago editing teknik ini bisa dipadukan dengan masking atau bisa juga mengatur opacity gambar.

Tips: Pilih background gambar dengan minim pergerakan ataupun cahaya karena background harus dalam keadaan yang stabil. Selanjutnya settingan kamera jangan diubah atau digeser posisinya karena akan merubah posisi gambar. 

Selamat mencoba!

(Git)

BERITA REKOMENDASI