Moraco Gelar Lomba Merpati Pos Terbesar di DIY

MERPATI POS merupakan salah satu jenis burung yang cukup pintar, memiliki daya ingat kuat, kemampuan navigasi dan memiliki naluri alamiah untuk dapat kembali ke sarang meskipun sudah pergi dengan jarak yang jauh dan waktu yang lama. Di masa lampau, kemampuan merpati pos ini sering dimanfaatkan untuk mengirim pesan oleh masyarakat yang bepergian bahkan oleh militer.

“Di Indonesia, rata-rata merpati pos adalah hasil perkawinan silang antara ras Yansson dan Delbar dari Belgia dengan ras unggulan lainnya. Penggemar merpati pos saat ini di Indonesia cukup banyak, secara resmi mereka tergabung dalam Perkumpulan Olahraga Merpati Pos Seluruh Indonesia (POMSI). Di beberapa daerah bermunculan klub-klub merpati pos yang diakui sebagai anggota POMSI, salah satunya POMP Moraco yang berkedudukan di Sleman.

“POMP Moraco akan menyelenggarakan lomba merpati pos tingkat nasional memperebutkan Piala Gubernur DIY dan piala Bupati Sleman dengan tajuk ‘MORACO Race III Piala Gubernur DIY 2021’. Selain itu diperebutkan pula piala POMSI, piala Win’s Cup serta hadiah 2 unit sepeda motor untuk dua pemenang serta hadiah uang bagi juara tiap pos dan juara total pos,” ungkap Humas Panitia Moraco Race Agus Widagdo di Sleman, Minggu (13/6/2021).

Menurutnya, lomba ini akan berlangsung dari tanggal 4 Juli 2021 sampai dengan 19 September 2021 dengan pelepasan rata-rata tiap 1 minggu sekali di pos-pos awal dan 2 minggu sekali di pos-pos akhir. Adapun titik pelepasan ada 10 kota dimulai dari Solo pada 4 Juli dan terakhir di Pulau Lombok pada 19 September 2021.
Biaya lomba sangat murah, untuk paket lomba Young Bird (YB) dengan ring ID 2021 Moraco peserta sudah bisa ikut lomba sampai pos terakhir yaitu lepasan Pulau Lombok hanya dengan Rp 80.000 atau rata-rata hanya Rp 4.000 perpos.(Has)

BERITA REKOMENDASI