Motor Tua Rampasan Sekutu Bakal Kumpul di Djogjantique 2019

YOGYA, KRJOGJA.com – Event pecinta motor antik bertajuk Djogjantique Day bersiap digelar 23-24 Agustus 2019 di Halaman Parkir Stadion Mandala Krida Yogyakarta. Sebanyak 1500 motor-motor tua mulai tahun 1920-an hingga 1980-an bakal berkumpul termasuk sisa kendaraan rampasan Sekutu yang punya cerita-cerita menarik. 

Baca Juga: Daihatsu Taft 'Pickup' Milik Nur Hidayat Ditawar Tukar Mobil Baru

Ardi Shincan, Ketua Panitia Djogjantique Day 2019 mengungkap tahun ini secara khusus diangkat tema Vintage Paradise di mana pengunjung akan diajak menyelami lebih jauh suasana tempo dulu di venue penyelenggaraan. “Ada diorama vintage, lalu vintage market festival hingga junkyard yang jadi surga pecinta part motor tua,” ungkapnya di sesi konferensi pers Kamis (15/8/2019). 

Secara spesial, menurut Shincan bakal muncul motor-motor rampasan Sekutu yang punya cerita-cerita menarik. Hal tersebut menurut dia jadi daya tarik tersendiri lantaran pemiliknya nanti bakal bercerita sesuai pengalaman yang dialami masing-masing. 

“Akan ada banyak BSA M-20 atau M-21, itu motor perang dipakai Army. Sekutu dulu mendatangkan motor-motor ke Indonesia untuk operasi ke desa-desa. Banyak cerita menarik dari pemiliknya, bagaimana bisa sampai ke tangan mereka bahkan ada motor yang kalau dipakai pasti kecelakaan akhirnya dikembalikan dan dimuseumkan. Banyak cerita dari motor-motor tua itu,” imbuhnya. 

Beberapa motor dari brand tertentu seperti Royal Enfield menurut Shincan juga memiliki cerita tersendiri bagi Indonesia di era mempertahankan kemerdekaan. Presiden Soekarno sempat menggunakan sepeda motor untuk menyebarkan propaganda kemerdekaan ke berbagai penjuru tanah air yang dampaknya penghentian perang di berbagai daerah dan penegasan status merdeka. 

Baca Juga: Mobil Terguling di Underpass Kentungan, Satu Keluarga Turis Menjadi Korban

“Ini mengapa kita ambil momen mendekati 17-an, karena motor-motor ini punya ikatan sejarah dengan Indonesia. Harapan kami, banyak teman-teman nanti datang ke Mandala Krida, acara ini gratis jadi semua bisa datang dan menikmati,” pungkasnya. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI