Pandemi Covid-19, Kolam Renang Dimanfaatkan untuk Pelihara Ikan

PANDEMI virus Corona berimbas juga pada usaha jasa menyediakan kolam renang. Antara lain ada pengelola yang memutuskan untuk ditutup dahulu atau tak menerima pengunjung. Ada lagi ketika sudah berlaku adaptasi kebiasaan baru, kolam renang dibuka setiap hari Minggu.

Ketika menyambangi kompleks kolam renang milik Sumanto Mandoyo di kawasan Sidoagung Godean Sleman, empat kolam renang ukuran kecil, sedang dan panjang disulap untuk memelihara ikan nila. Ada lagi satu kolam untuk memelihara ikan koi. Salah satu kolam, bahkan pernah digunakan untuk memelihara lele, namun keuntungannya sangat tipis karena kebutuhan pakannya banyak, sehingga diganti ikan nila.

“Sejak ada wabah virus Corona, semua kolam renang di sini pernah mengganggur sekitar tiga bulan. Daripada nganggur atau malah rusak, akhirnya saya manfaatkan dahulu untuk memelihara ikan. Sekarang ini ada ikan-ikan nila dan koi,”jelas Manto, akhir pekan lalu.

Ketika digunakan untuk memelihara nila dan sebagian nila sudah dewasa, sebutnya, akan sering terlihat ada anakan-anakan nila. Sehingga sebagian anakan diambil, lalu dibesarkan di kolam berbeda. Ada lagi kolam renang yang digunakan untuk menempatkan nila-nila sudah layak menjadi indukan. Dengan dirawat yang bagus, seperti pemberian pakan berkualitas serta sirkulasi airnya baik, diharapkan semua ikan-ikan bisa sehat dan pertumbuhannya juga bagus.

BERITA REKOMENDASI