Pembudidaya Ikan Buat Pakan Sendiri, Ini Maksudnya

KETIKA terkena imbas Covid-19, sebagian petani ikan air tawar merasa keberatan untuk membeli pakan ikan buatan pabrik. Apalagi ada kendala dalam menjual ikan-ikan siap konsumsi, sebab banyak rumah makan penyedia olahan ikan sedang tutup.

Alasan seperti ini menjadikan kelompok pembudidaya ikan (KPI) berusaha bisa membuat pakan ikan sendiri. Pakan ikan tersebut menggunakan bahan baku limbah ikan, misalnya ikan-ikan beku sudah tak layak konsumsi, kepala udang, usus/kotoran ikan atau kotoran dari betetan ikan. Masih juga ada bahan lain, misalnya bekatul, pati kanji, cairan probiotik dan tetes tebu. Limbah ikan maupun udang perlu direbus dahulu sebelum dicampurkan dengan bahan-bahan lainnya.

Cara ini pun dilakukan Parijo dan Andi Krisna yang telah dipercaya KPI Bulak Niten Sleman untuk membuat pakan ikan sendiri wujud pelet. Terutama para petani ikan di KPI tersebut yang sedang kesulitan keuangan, termasuk masih sulit dalam menjual ikan konsumsi dapat membeli pakan buatan sendiri yang lebih murah dibanding membeli pakan buatan pabrik. Artinya juga akan lebih menghemat biaya pengeluaran dalam budidaya ikan.

BERITA REKOMENDASI