Sensasi Nyaman Berkendara Ala Wuling Cortez

Editor: KRjogja/Gus

PT SAIC General Motors Wuling (SGMW) Motor Indonesia, sebuah perusahaan memproduksi mobil Wuling, sebuah merek mobil dari Tiongkok, kini telah meluncurkan mobil MPV (Multi Purpose Vehicle) kelas medium untuk pasar Indonesia. Namanya Wuling Cortez. Mobil jenis ini disebut-sebut merupakan pesaing Toyota Innova.

Hal itu bisa dilihat dari beberapa kelebihan yang ditonjolkan berupa fitur-fitur menarik dan lebih lengkap dibanding kompetitornya. Terlebih, harganya terjangkau untuk ukuran medium MPV, yakni mulai Rp 218 juta sampai Rp 264 juta on the road Jakarta.

Untuk melihat dan kelebihan mobil tersebut, sebanyak 20 wartawan berbagai media nasional, termasuk wartawan KR, selama tiga hari berturut-turut mulsi 28 Februari hingga 2 Maret 2018, diajak test drive dengan rute Semarang-Solo-Magelang-Yogyakarta. Antara lain melewati rute jalan menanjak dan menikung menuju wisata Umbul Sidomukti lereng Gunung Ungaran Kabupaten Semarang, jalan menanjak dan menikung menuju wisata Selo lereng Gunung Merbabu.

”Pada kesempatan kali ini, rekan-rekan media nasional untuk mencoba Wuling Cortez dengan kondisi jalan yang beragam. Dengan demikian, fitur dan kelebihan yang dimiliki oleh medium MPV ini dapat dirasakan secara langsung. Disamping itu juga untuk mendapatkan pengalaman berkendara yang berkesan bersama pilihan baru dari Wuling Motors,” kata Brand Manager Wuling Motors, Dian Asmahani.

Disebutkan, Wuling varian Cortez menyandang mesin hemat bahan bakar tipe bensin 4 silinder in-line DOHC, VVT-i berkapasitas 1,798 cc dengan tenaga maksimum 129 Hp dan torsi puncak 174 Nm. Mesin ini dikombinasikan dengan pilihan transmisi i-AMT (Intelligent Automated Mechanical Transmission) dan transmisi manual ke penggerak roda depan.

Sebagai mobil keluarga modern dengan desain eksterior yang sejatinya sudah sangat asyik dipandang mata dan menunjang gaya hidup masa kini.

Pada lampunya, Cortez sudah mengadopsi teknologi pencahayaan LED dengan fitur Follow Me Home, plus pengaturan ketinggian lampu (Auto Leveling Headlamp). Pada bagian kaki-kaki, dibekali velg 16 inci dengan desain palang akar. Atapnya dilengkapi aksesoris roof rail, spoiler, antena sirip hiu plus sunroof. “Perlengkapan dan fitur-fitur ini umumnya terdapat di mobil-mobil premium dengan rentang harga di atas Rp 350 juta,” ujar salah satu wartawan.

Sedangkan di sektor kabin, Cortez memanjakan penggunanya dengan bahan semi sintetis pada semua baris joknya, Desain captain seat disematkan di jok baris kedua, plus fitur pengaturan bangku secara elektrik. Di dasbor depan bergaya woody yang dilabur sampai ke konsol tengah. Sistem audio-videonya menggunakan layar sentuh 8 inci yang bisa dikoneksikan dengan smartphone via Mirror Link serta sudah kompatibel ke USB, bluetooth, SD dan navigasi.

Cortez juga juga memasang steering switch control, atmosphere lamp, dan modern center cluster dengan auto AC termasuk untuk baris kedua, USB charging di setiap baris bangku. Sedangkan untuk standar keselamatan dilengkapi fitur electric parking brake sebagai pengganti tuas rem tangan, automatic vehicle holding sebagai fitur pengereman otomatis saat menanjak atau menurun. Diperkuat lagi hill hold control, traction control system, dan electronic stability control.

Begitu juga sistem pengereman sudah mengaplikasikan rem cakram di seluruh roda dengan fitur ABS, EBD, dan brake assist. Untuk memudahkan saat parkir, Cortez dibekali kamera belakang dan sensor depan dan belakang. Untuk mencegah cedera saat terjadi laka, terpasang dual airbag dan side airbag, dan Isofix untuk melindungi penumpang anak kecil.

“Selama dalam perjalanan, tidak ada kendala. Bahkan kami cukup nyaman. Baik ketika melewati jalur lurus dengan kecepatan 140 km perjam, maupun ketika jalan menanjak dan menikung. Jika melihat fitur-fitur dan kelengkapan di interiornya serta harga jual, Wuling Cortez lebih unggul dibanding kompetitornya,” ujar Rangga, salah seorang peserta test drive Wuling.

Menurut Brand Manager Wuling Motors, Dian Asmahani, dengan kelebihan yang dimiliki WulingCortez, ia yakin mampu bersaing dalam merebut pasar Indonesia. Pabrik yang didirikan Cikarang Jabar Juli 2017 itu, kali pertama meluncurkan seri Confero dan telah mendapat penghargaan sebagai Indonesian Car of The Year 2017 di kategori small MPV oleh Majalah Mobilmotor.

“Kami berkomitmen untuk terus menghadirkan produk dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan Indonesia, termasuk mengembangkan jaringan diler hingga mencapai 80 outlet di Tanah Air sepanjang 2018,” tambah Dian. (M Taslim Hadi)

BERITA REKOMENDASI