Sirih Jaga Stabilitas Oksigen di Akuarium

KETIKA akuarium ikan hias diisi juga dengan tanaman air diyakini ada beberapa dampak positifnya. Tak jarang juga sebagian penggemar ikan hias mencoba mengisi dengan jenis-jenis tanaman yang tak biasa ditempatkan dalam akuarium.

Seperti halnya penggemar ikan hias asal Jalan Godean Sleman, Agus Susilo, senang memberi tanaman sirih hijau ke dalam akuarium. Tanaman sirih cukup dipotong bagian sulur (batang) sekitar 30 cm, lalu dimasukkan ke akuarium, ternyata banyak yang hidup. Namun, sebagian juga ada yang mati. Ketika bisa hidup dengan baik, sulur bisa bertambah panjang, daun-daun hijau segar dan akar-akarnya semakin banyak.

Ia meyakini adanya tanaman sirih dapat menjaga stabilitas oksigen di dalam air. Pasalnya, pada waktu berasimilasi, tanaman yang terdapat di dalam akuarium dapat menyerap karbondioksida di dalam akuarium serta mengeluarkan kembali oksigen yang bermanfaat bagi kehidupan ikan. Bahkan tanaman sirih diharapkan dapat memberikan atau mengeluarkan zat antibiotik alami di dalam air.

“Awalnya saya hanya coba-coba saja, karena di depan rumah ada tanaman sirih hijau. Beberapa akuarium berisi ikan hias seperti chana, guppy dan beberapa jenis ikan lain yang tak merusak daun saya beri potongan sulur sirih. Ternyata banyak yang bisa hidup. Suatu saat saya mau mencoba juga jenis sirih merah,” jelas Agus, baru-baru ini.

Agus yang juga jual-beli ikan hias menambahkan, tanaman sirih juga diyakini mampu meningkatkan kesan alami isi akuarium. Bahkan untuk menambah kesan alami isi akuarium dapat juga dipadu dengan potongan kayu atau akar tanaman sudah kering dan tampilannya yang unik. Lalu bagian dasar akuarium dilapisi dengan jenis pasir putih maupun pasir Malang (baik warna hitam ataupun merah).

BERITA REKOMENDASI