Tampang Ganteng, Mobil Ini Dilengkapi Fitur Park Assist

ASTRA PEUGEOT saat ini tengah getol menjual dua varian yakni 3008 dan 5008 SUV. Untuk yang terbaru diharapkan akan bisa menjangkau semua kalangan dengan model terbaru dengan harga yang bersaing. 

"Untuk model terbaru 2020 pasti ada kok, dan kita masih fokus di genre SUV. Jadi kita ingin harga bisa kompetitif jadi saat ini kita bermain di genre SUV," ujar Rokky Irvayandi selaku Chief Executive PT Astra International Tbk – Peugeot di Solo.

Hal ini dikarenakan untuk pajak terutama untuk varian seperti sedan yang mencapai 40 persen dirasa cukup tinggi. Namun dirinya juga menyebutkan tidak menutup kemungkinan bahwa kedepannya akan mendatangkan varian lain.

Untuk model 5008 SUV ternyata menjadi incaran para penggemar mobil SUV. Ini dikarenakan banyak fitur terbaru yang banyak diharapkan para pecinta otomotif. 

Oleh karenanya, salah satu mobil segmen SUV Eropa rupanya merancang fitur yang bisa mempermudah parkir. Fitur ini diberi nama parkir otomatis atau park assist. Fitur ini bisa membantu orang yang kesulitan untuk parkir mundur atau pararel.

“Salah satu keunggulan Peugeot 5008, parking assist namanya. Jadi dia bisa membantu pengemudi untuk memarkirkan kendaraannya baik pararel maupun parkir mundur,” imbuh Rokky.

Fitur park assist dirancang dengan menambahkan sensor di 12 titik. Sensor tersebut nantinya akan terkoneksi dengan 8 inchi multifunction colour touch screen dengan koneksivitas full multimedia. Dengan layar tersebut, pengemudi selain bisa mengatur suhu AC, bisa juga melihat ke belakang saat parkir.

Kemudahan tersebut dimunculkan dari kamera 360 derajat yang terkoneksi ke layar. Dari layar bisa terlihat patokan berupa garis warna biru dan juga posisi mobil.

“Pengemudi yang ingin parkir mundur atau pararel, hanya perlu mengikuti panduan yang ada dalam layar,” ujarnya.

Cara menggaktifkan fitur ini adalah pengemudi cukup mengaktifkan park assist yang terdapat di layar tengah. Selanjutnya, pengemudi akan memilih jenis parkir apakah parkir mundur atau parkir paralel. Setelah menemukan tempat parkir yang kosong dan memilih mode pilihan parkir, pengemudi selanjutnya cukup menyalakan lampu sign, maju sedikit dari ruang parkir, dan pindahkan transmisi ke posisi mundur (R).

Pengemudi tak perlu repot memutar stir mobil saat hendak parkir. Karena, setir tersebut akan bergerak sendiri mengikuti posisi mobil mundur ke posisi parkir. Canggih sekali… (*)

BERITA REKOMENDASI