Berapa Sih Rata-rata Gaji Fresh Graduate di Indonesia?

BELAKANGAN ini, viral kasus seorang alumni mengaku dari Universitas Indonesia menolak gaji Rp8 juta dari sebuah perusahaan lokal. Dalam unggahan ini, si pelamar merasa gaji yang ditawarkan tak sepadan dengan nama beken universitasnya.

Baca Juga: Alumni Sombong Tolak Gaji Rp8 juta Viral, Ini Kata UI

Tapi, tahukah kamu berapa gaji rata-rata lulusan baru dari universitas di pasar tenaga kerja Indonesia?

Berdasarkan hasil survei Badan Pusat Statistik (BPS), per Agustus 2018, kisaran gaji rata-rata lulusan baru di Indonesia ialah Rp2.108.362. Angka ini berada dalam kelompok pekerja berusia 20 tahun—24 tahun yang menjadi kisaran usia lulusan baru dari universitas.

Kelompok kerja bidang tenaga kepemimpinan dan ketatalaksanaan menempati urutan teratas gaji dengan upah sebesar Rp3.327.742. Sementara terendah berada pada kelompok kerja bidang tenaga profesional, teknisi dan yang sejenis dengan besaran upah Rp1.701.183.

Gaji terbesar pada data ini ditempati oleh bidang tenaga kepemimpinan dan ketatalaksanaan dengan kelompok usia 55 sampai 59 tahun. Besaran gaji kelompok tersebut mencapai RP 7.830.255.

Data ini merupakan hasil survei pemerintah pada pekerja di perkotaan dan pedesaan. Data tersebut telah diperbarui pada 6 Maret 2019.

Viral unggahan netizen mengaku lulusan Universitas Indonesia yang menolak gaji Rp8 juta dari perusahaan lokal membuat pengelola akun Twitter Ditjen Pajak tak tahan berkomentar. Seperti biasa, sang mimin selalu memberi pencerahan dalam unggahannya. 

Lewat akun Twitter @DitjenPajakRI, mimin siap membantu menghitung pajak yang harus dibayar netizen yang disebutnya sebagai Fresh Graduate Inidia.

"Fresh Graduate Universitas Inidia, kerja di perusahaan dengan gaji #8juta, ini PPh-nya," tulis DJP mengawali cuitannya di akun Twitternya @DitjenPajakRI, Jumat (26/7/2019).

Sang Mimin lalu membuat simulasi penghitungan PPh dari seorang karyawan yang bergaji Rp8 juta. Dia menggunakan perhitungan dengan membayangkan si Freshgraduate Inidia berstatus single, tak dibayar lembur, dan tak ada program pensiun.

"Gaji 8 juta. Status JOMBLO. Sabtu Minggu lembur, tapi nggak dibayar. Nggak punya program pensiun. Begini Hitung Pajak Penghasilannya," cuit DJP.

DJP menyebut pajak PPh 21 dalam setahun yang harus dibayar sebesar Rp1,86 juta. Selama sebulan, gaji karyawan ini dipotong Rp 155 ribu.(*)

BERITA REKOMENDASI