7 Alasan Menggunakan Lemari Minimalis untuk Hunian

Editor: Agus Sigit

Sebagai tempat penyimpanan, lemari merupakan furnitur yang penting dalam sebuah rumah. Lemari bisa ditempatkan di bagian rumah mana pun, tergantung fungsinya. Untuk menyimpan pakaian misalnya, lemari umumnya ditempatkan di kamar tidur. Namun, ada pula lemari untuk menyimpan keperluan lain dan bisa ditempatkan secara fleksibel.

Bagi orang-orang yang mengidamkan kesan lapang, lemari minimalis merupakan model yang banyak dipilih. Bentuknya yang tidak menampilkan banyak aksen membuat lemari minimalis tampak simpel. Ukuran lemari model ini juga biasanya tidak terlalu besar. Nah, agar dapat semakin yakin menggunakan lemari minimalis, berikut sejumlah alasan yang patut dipertimbangkan.

1. Cocok untuk Luas Ruang Terbatas
Salah satu tujuan menggunakan lemari minimalis adalah untuk mendapatkan kesan lapang. Hal ini biasanya didorong karena terbatasnya luas ruangan atau hunian yang tersedia. Meskipun demikian, lemari minimalis diharapkan tetap berguna secara optimal sekaligus tidak menghabiskan tempat yang tersedia.
Selain dari segi ukuran, gaya minimalis juga bisa dilihat dari warna lemari. Sebagian besar lemari minimalis menggunakan warna-warna netral seperti putih, cokelat, atau hitam. Penggunaan warna netral dan polos biasanya untuk menghindari kesan ramai pada furnitur. Model lemari yang simpel pun menciptakan kesan fleksibel dan tidak menonjol.

2. Semakin Mudah Dibersihkan
Keunggulan lain dari lemari minimalis adalah mudah dibersihkan. Material standard yang digunakan membuat lemari ini tidak terlalu sulit untuk dirawat. Anda hanya perlu membersihkan lemari secara berkala seperti furnitur lain yang ada di rumah. Kegiatan ini juga akan mendukung kerapian dan kebersihan hunian.
Berfungsi sebagai tempat penyimpanan, lemari memang tetap harus rutin dibersihkan. Hal ini untuk memastikan benda yang disimpan, misalnya pakaian, tetap bersih dari debu atau hewan seperti rayap. Jika lemari terlalu besar, kegiatan bersih-bersih ini akan lebih menghabiskan waktu.

3. Dukung Gaya Hidup Minimalis
Gaya hidup minimalis menjadi tren yang dianut banyak masyarakat belakangan ini. Inti dari tren minimalis adalah simpel, sederhana, dan tidak menyimpan barang terlalu banyak. Penganut gaya minimalis lebih fokus pada manfaat suatu benda daripada kesan yang ingin ditimbulkan.
Dengan menggunakan lemari minimalis, Anda pun dapat menerapkan standard gaya hidup minimalis. Lemari dengan ukuran yang tidak terlalu besar akan membuat Anda secara tidak sengaja tidak bisa menyimpan terlalu banyak barang. Konsep simpel pada tampilan lemari pun turut mendukung kesan tersebut.

4. Bisa Menjadi Pembatas Ruangan
Anda bisa memanfaatkan lemari minimalis sebagai pembatas ruangan. Hal ini bisa diterapkan pada ruangan yang luas. Membagi ruangan akan membuat fungsinya berbeda. Biasanya, cara membagi ruangan adalah dengan membuat tembok atau dinding pembatas. Namun, cara ini menciptakan kesan padat dan sempit.
Sementara itu, lemari dapat memenuhi fungsi pembatas tanpa membuat ruangan terasa sempit. Keunggulan lainnya, lemari bisa dipindahkan dari tempatnya sesuai kebutuhan. Jika suatu saat Anda membutuhkan ruangan yang luas, lemari bisa digeser untuk sementara waktu.
Lemari minimalis dengan tampilan yang cantik akan membuat fungsinya sebagai pembatas ruangan makin optimal. Jadi bukan hanya menjadi penyekat, furnitur ini juga bisa menciptakan kesan yang tak biasa untuk sebuah ruangan.

5. Penempatan Lebih Fleksibel
Karena modelnya yang simpel, penempatan lemari minimalis pun lebih fleksibel. Ruang yang dibutuhkan untuk lemari tidak terlalu besar. Anda bisa meletakkannya di kamar yang tidak terlalu besar, di ruang keluarga, atau ruang tamu. Fleksibilitas ini membuat lemari minimalis cukup banyak diminati.
Selain itu, lemari minimalis juga bisa ditempatkan di spot yang sepertinya tidak berguna, tetapi sebenarnya strategis. Sebagai contoh, menempatkan lemari di area bawah tangga yang jarang digunakan. Lemari ini pun bisa ditempatkan di bagian sudut atau menempel pada dinding untuk mengurangi kesan padat pada ruangan.

6. Ada Kesan Modern dan Kekinian
Lemari minimalis yang ditawarkan di Blibli biasanya dirancang dengan gaya modern dan kekinian. Meskipun tidak banyak aksen yang dihadirkan, kesederhanaan justru menjadi poin utama yang ditonjolkan. Pada zaman serba sibuk ini, gaya simpel menjadi gaya hidup yang lebih diminati.
Karena kesan modern tersebut, lemari minimalis bisa menjadi pilihan bagi keluarga kecil dengan rumah yang berukuran tidak terlalu besar. Para anak kuliah yang tinggal di kos pun bisa memilih model lemari ini demi menciptakan kesan yang lapang sekaligus tetap bergaya.

7. Harga Lebih Terjangkau
Keunggulan lainnya yang dapat menjadi alasan menggunakan lemari minimalis adalah harga lebih terjangkau dibandingkan model lemari lain yang menonjolkan kesan mewah. Faktor harga sangat penting, terutama bagi Anda yang memiliki dana terbatas untuk membeli lemari.
Selain dari segi model, material dari suatu furnitur, ukuran, dan mereknya bisa menjadi penentu tinggi rendahnya harga yang dipatok. Karena itu, Anda sebaiknya mempertimbangkan semua poin tersebut sebelum membeli sebuah lemari minimalis. Sebisa mungkin, cari lemari yang berkualitas sehingga awet dalam jangka panjang.
Memilih lemari yang tepat dan sesuai kebutuhan memang gampang-gampang susah. Kesesuaian antara harga, kualitas, dan fungsinya harus benar-benar dipertimbangkan agar furnitur tersebut dapat bermanfaat secara optimal.

Inilah beberapa alasan realistis untuk lebih memilih lemari minimalis. Bagi yang berencana untuk menambah furnitur baru dalam hunian, semoga berbagai poin dalam ulasan ini bisa membuat Anda lebih yakin.

BERITA REKOMENDASI