Agar Tetap Cantik, Ini Cara Tepat Merawat Kulit di Musim Hujan

MUSIM hujan telah tiba, bagi Anda yang memiliki kulit sensitif tentu akan sering mendapatkan masalah kulit. Ada yang tiba-tiba kulitnya menjadi kering hingga muncul jerawat.

Namun jangan khawatir, ada cara tertentu dalam merawat kulit di musim hujan. Dilansir dari NDTC, berikut pemaparan selengkapnya:

Berikut beberapa cara tepat merawat kulit:

1. Meskipun cuaca hujan dan berawan, bukan berarti kulit Anda akan aman dari sinar ultraviolet yang berbahaya. Oleh sebab itu Anda harus menggunakan tabir surya setiap harinya agar terhindar dari masalah kulit.

2. Pastikan Anda mencuci wajah setidaknya dua atau tiga kali sehari. Hal ini sangat ampuh untuk menghindari minyak berlebih dan infeksi jamur yang dapat terjadi.

3. Anda harus mengkonsumsi banyak air putih untuk menjaga tubuh Anda agar terhindar dari racun yang dapat menyebabkan jerawat.

4. Gunakan lebih banyak bahan alami untuk perawatan kulit Anda. Hindari bahan-bahan yang dapat membahayakan kulit Anda.

5. Lebih baik anda tidak mengenakan riasan karena dapat menyumbat pori-pori kulit Anda sehingga dapat menyebabkan jerawat. Jika Anda harus mengenakannya, pastikan Anda membersihkannya dengan baik.

6. Hindari konsumsi makanan berminyak seperti gorengan hingga junkfood.

Lakukan Eksfoliasi

Setelah mengikuti beberapa tips tersebut, kamu juga dapat melakukan eksfoliasi pada kulit. Pengelupasan kulit ini dapat menghilangkan kulit mati dan membantu membuka pori-pori. Ini juga membantu dalam pertumbuhan sel-sel kulit baru. Hal ini dapat membuat kulit Anda bercahaya. Beberapa bahan eksfoliasi terbaik adalah kopi, teh, gula, soda kue, pepaya, oatmeal, dan yogurt. Pastikan Anda melakukan eksfoliasi dengan bahan yang cocok dengan kulit Anda.

Nutrisi kulit

Kotoran dan sisa makeup yang tidak dibersihkan secara sempurna dapat memperburuk kondisi kulit. Oleh sebab itu alangkah baiknya menggunakan bahan-bahan alami seperti teh hijau, jus lemon, air mawar, air mentimun, dan teh chamomile untuk mengencangkan kulit Anda dan menutrisi kulit.

Usahan kulit Anda tetap lembap

Anda harus berusaha untuk melembabkan kulit Anda agar tetap lembut. Anda dapat mengenakan Beberapa pelembap alami termasuk mentimun, minyak kelapa organik, minyak biji rami dan minyak zaitun. Pelembap ini tidak membuat kulit Anda berminyak. (*)

BERITA REKOMENDASI