Ajari Dahulu Anak Menggunting Kertas Sebelum Menulis

BAGI Anda yang buah hatinya menuju tahap belajar menulis, ada baiknya menjajal cara ini dulu. Ajari dia untuk menggunakan gunting sebagai salah satu bentuk 'pemanasan' belajar menulis.

Ketika sesorang menggunting kertas, diperlukan kemampuan menggunakan jari, telunjuk dan jari tengah. Nah, cara ini melatih anak mengembangkan kemampuan motorik halusnya. Kemampuan ini dibutuhkan ketika anak belajar menulis seperti melansir laman Parents.

Selain itu, ketika menulis juga dibutuhakn koordinasi bagian lain yakni otak, mata, dan otot. Lewat menggunting kertas, anak mempelajari hal itu.

Sediakan saja gunting kecil untuk anak. Kini banyak sekali gunting yang aman untuk balita dijual di pasaran. Taruh juga kertas baik yang polos, agak tebal maupun yang sudah dilipat. Kondisi kertas ini akan melatih jari-jarinya.

Saat menggunakan gunting, pastikan anak selalu dalam pengawasan. Sebagai langkah awal, contohkan dulu pada anak cara menggunakan gunting.

"Duduk samping anak, tunjukkan bagaimana menggunakan gunting. Bimbing juga jari-jarinya, anak akan sangat penasaran," ujar Sunita Murty-Gami, seorang terapis.

Terapkan juga dua aturan penting saat anak menggunakan gunting. Pertama, gunting hanya untuk menggunting kertas. Kedua, tak boleh berjalan atau belari sambil membawa gunting. Coba Yuk..(*)

BERITA REKOMENDASI