Akibat Pandemi, 10,3 Persen Hubungan Pasutri Makin Tegang

BEKERJA dari rumah selama pandemi Covid-19 membuat beban kerja perempuan bertambah. Selain masih harus melaksanaan pekerjaan publik, juga beban pekerjaan rumah tangga selama pandemi semakin meningkat dan kadang harus menemani anak yang belajar dari rumah. Kondisi ini juga mempengaruhi dalam hubungan suami isteri dalam rumah tangga.

Survei daring Komnas Perempuan mengungkap sekitar 10,3 persen responden yang melaporkan hubungannya dengan pasangan semakin tegang. Mereka mayoritas berusia 31-40 tahun dengan penghasilan di bawah Rp 5 juta.

Anggota Komnas Perempuan Alimatul Qibtiyah PhD menyampaikan hal tersebut dalam video conference dengan media, Rabu (4/6/2020) sore. Alimatul menyampaikan hasil survey daring ‘Kajian Dinamika Perubahan di Dalam Rumah Tangga Selama Covid-19 di 34 Provinsi di Indonesia’ dengan jumlah 2.285 responden. Narasumber lain dalam pertemuan itu adalah Andy Yentriyani, Maria Ulfah Anshor dan Retty Ratnawati.

“Ironisnya, dalam masa seperti ini, 80 persen responden dari kelompok berpenghasilan kurang dari Rp 5 juta ini mengakui bila kekerasan pada perempuan cenderung meningkat,” ujar Alimatul.

BERITA REKOMENDASI