Anak Susah Pup, Ajari Makan Buah Pagi Hari

SELAIN memenuhi kebutuhan karbohidrat dan serat, Moms harus membiasakan anak makan buah di pagi hari. Ada banyak keuntungannya, termasuk mencegah sulit buang air besar.

Kebutuhan serat sangat dibutuhkan oleh semua kalangan, termasuk anak-anak. Sebagai contoh dari buah yang mudah dikonsumsi di pagi hari.

Saat anak cukup mengonsumsi serat, bisa mencegah gangguan pencernaan. Makan buah juga bisa melindungi anak dari bahaya penyakit infeksi.

Apalagi saat Moms memberikan aneka jenis buah yang kaya vitamin C. Manfaatnya sangat melimpah dan aman dikonsumsi.

"Makan buah di pagi hari, selain simple dan kaya manfaat, kebiasaan ini mencegah anak sulit buang air besar," ujar Ahli Gizi Sari Sunda Bulan, ditemui di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (20/10/2017).

Adapun pilihan buah yang aman dikonsumsi saat pagi hari yakni tidak mengandung gas dan bercitarasa asam, yang membahayakan lambung. Seperti apel, jeruk, pisang, dan pepaya.

Ukuran porsi buah yang diberikan kepada anak yaitu setengah irisan buah utuh. Porsi ini tidak menyebabkan anak mendapatkan kelebihan serat.

Selain sebagai menu sarapan, bawakan bekal buah kepada anak-anak supaya bisa dimakan di sekolah. Pilih jenis buah yang tidak mudah layu dan gampang dimakan, seperti jeruk dan pisang.

Di samping itu, jika anak-anak konsumsi porsi buah yang cukup juga dapat meningkatkan konsentrasi belajarnya. Fungsi otaknya juga bertambah, sehingga tak menurunkan tingkat kecerdasan anak.

"Anak yang senang makan buah pasti jarang alami konstipasi. Anak juga jadi happy dan konsentrasinya bertambah," bebernya.

Karena itu, di sela-sela sarapan, pastikan sedia buah di atas meja makan. Jangan biarkan anak-anak kurang serat, karena dampaknya bisa mengganggu aktivitas belajar dan bermain ya Moms! (*)

BERITA REKOMENDASI