Apa Sih Tema HUT RI ke 74 Tahun Ini?

PADA bulan Agustus 2019 ini, kita sebagai warga negara bakal merayakan HUT RI. Dengan mengusung tema tertentu, Bangsa Indonesia diharapkan bisa memaknai arti kemerdekaan.

Tema HUT kemerdekaan yang pangjang biasanya digunakan (HUT RI ke 69 kebelakang) kini sudah tak lagi banyak diminati. Tema sepanjang ini tentu akan sulit untuk selalu diingat oleh sebagian besar masyarakat, sehingga sering hanya dianggap sebagai formalitas semata, dan bahkan jarang diperhatikan.

Untungnya sejak HUT yang ke-70 tema yang diusung sudah memiliki perubahan yang besar.

Hingga saat ini tema yang diusung cenderung singkat namun memiliki arti yang mendalam.

Tema yang digunakan juga selalu tertulis dengan jelas pada logo yang ada. Sehingga logo juga menjadi kelihatan lebih menarik.

Adapun tema HUT RI sejak tahun 2015 – 2018 ialah sebagai berikut:

HUT RI ke-70 = Ayo Kerja
HUT RI ke-71 = Kerja Nyata
HUT RI ke-72 = Kerja Bersama
HUT RI ke-73 = Kerja Kita, Prestasi Bangsa

Nah.. sama seperti pada tahun-tahun sebelumnya, di tahun ini pemerintah kembali memberi logo dan tema khusus.

Tepatnya pada 24 Juni yang lalu, Setneg dalam akun Twitternya mengunggah dua gambar yang menjadi logo sekaligus tema pada HUT RI ke-74.

Pada gambar pertama terdapat tulisan ‘74th Menuju Indonesia Unggul’ berwarna merah dengan menggunakan latar berwarna putih.

Sedangkan gambar kedua ialah kebalikannya, yaitu berupa tulisan ‘74th Menuju Indonesia Unggul’ berwarna putih dan menggunakan latar berwarna merah.

Kabar terbaru menyebutkan Kementerian Sekretariat Negara melakukan revisi tema Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia.

Melalui Menteri Sekretaris Negara Pratikno menandatangani surat No. B 681 /M Sesneg/Set/TU 00 04/06/2019 tentang Penyampaian Tema dan Logo Peringatan Hari Kemerdekaan Tahun 2019 yang disampaikan ke pimpinan lembaga negara dan institusi

Dalam surat itu, tema besar HUT ke-74 RI adalah ‘Menuju Indonesia Unggul'.

Tema itu dilakukan penyempurnaan melalui surat No. B-779/M.Sesneg/SET/TU.00.04/07/2019. Surat tersebut ditandatangani Mensesneg pada 23 Juli 2019.

Dalam surat tersebut, tema HUT ke-74 RI pada tahun ini diganti menjadi ‘SDM Unggul Indonesia Maju’.

Logo ini bisa juga kamu dapatkan dengan mengunduhnya melalui alamat web Setneg yaitu www.setneg.go.id.(*)

BERITA REKOMENDASI